Miris, Harga Data Pribadi Dijual Lebih Murah dari Secangkir Kopi

Harga Data Pribadi
Ilustrasi browsing di Internet

Telset.id, Jakarta – Data pribadi menjadi sesuatu yang masih disepelekan keberadaannya. Kaspersky menemukan bahwa adanya penawaran aktif pada data pribadi dan data sensitif yang dijual di 10 forum dan pasar gelap internasional. Penasaran berapa harga data pribadi yang dijual tersebut?

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, penyalahgunaan data ini berpotensi menimbulkan konsekuensi cukup signifikan, seperti pengambilan nama atau penggunaan layanan korban berdasarkan identitasnya.

Beberapa informasi pribadi begitu diminati, terutama data kartu kredit, akses perbankan dan layanan pembayaran elektronik. Harganya juga tidak berubah dalam beberapa tahun terakhir.

{Baca Juga: Riset Kaspersky: 35% Netizen Asia Tenggara Punya Fake Account}

Jenis data tertentu, seperti akses ke akun pribadi atau database kata sandi, dapat disalahgunakan tidak hanya untuk keuntungan finansial, tetapi juga untuk kerugian reputasi dan jenis kerusakan sosial lainnya.

Mirisnya, data pribadi seseorang bisa dibeli dengan sangat murah. Seperti misalnya data sensitif seperti rekam medis atau informasi identifikasi bisa didapatkan dengan biaya kurang dari secangkir kopi.

Harga Data Pribadi yang Ditemukan Kaspersky

Penelitian telah menunjukkan bahwa akses ke data pribadi dapat dimulai dari 50 sen (USD) untuk sebuah identitas pribadi, tergantung seberapa jauh data yang ditawarkan.

“Saya yakin penelitian kami menyoroti betapa pentingnya untuk menyadari bahwa data Anda sebenarnya diminati dan dapat digunakan untuk tujuan berbahaya sekalipun Anda tidak memiliki banyak uang, jangan menyuarakan pendapat yang kontroversial dan berbagai hal yang berisiko secara online lainnya,” ujar Dmitry Galov, peneliti keamanan di Kaspersky’s GReAT.

{Baca Juga: Waspada! Pelaku Phishing Incar Akun PUBG Mobile}

Data yang dijual di pasar gelap dapat digunakan untuk pemerasan, eksekusi penipuan dan skema phishing, hingga pencurian uang secara langsung.

Jenis data tertentu, seperti akses ke akun pribadi atau database kata sandi, dapat disalahgunakan tidak hanya untuk keuntungan finansial, tetapi juga untuk kerugian reputasi dan jenis kerusakan sosial lainnya, termasuk doxing.

Doxing terjadi ketika seseorang membagikan informasi pribadi tentang orang lain tanpa persetujuan mereka untuk mempermalukan, merugikan, atau bahkan membahayakan.

Berikut ini kisaran harga data pribadi yang dijual di dark web

  • Detail kartu kredit : 6-20 USD
  • Surat izin mengemudi : 5-25 USD
  • Paspor : 6-15 USD
  • Layanan berlangganan : 0,5-8 USD
  • ID : 0,5-10 USD
  • Selfie dengan dokumen : 40-60 USD
  • Rekam medis : 1-30 USD
  • Rekening online banking : 1-10 persen dari nilai rekening
  • Akun Paypal : 50-500 USD

(HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here