Google Siap Luncurkan Pesaing GPT-4, Namanya Gemini AI

Telset.id, Jakarta – Google mempersiapkan model AI yang diprediksi menjadi pesaing GPT-4 dari OpenAI dan teknologi tersebut rencananya akan diluncurkan ke publik tahun 2024 mendatang.

Usai menghadirkan Bard, Google tampaknya belum puas karena raksasa teknologi Amerika Serikat itu sedang merancang model AI terbaru yang bernama Gemini AI. Google mengklaim kalau Gemini adalah model dasar dengan kemampuan multimodal yang mengesankan di awal pelatihannya.

Dikutip Telset dari Engadget pada Senin (04/12/2023), Google awalnya berencana merilis Gemini AI lebih cepat yakni akhir tahun 2023. Namun sumber mengatakan kepada The Information bahwa Gemini sedang berjuang dengan pertanyaan non Bahasa Inggris sehingga peluncurannya pun ditunda.

Gemini dimaksudkan untuk dapat menangani berbagai aplikasi, menggabungkan berbagai jenis data seperti gambar dan teks untuk tugas-tugas yang lebih maju. Pada bulan Mei 2023 Google mengatakan setelah disetel dengan baik dan diuji secara ketat untuk keamanan, Gemini akan tersedia dalam berbagai ukuran dan kemampuan.

BACA JUGA:

Gemini diharapkan dapat membawa peningkatan pada produk AI dan AI Google yang ada juga, seperti Bard, Google Assistant dan Search. Tapi, mengingat pentingnya rilis ini dan dominasi saingan OpenAI sudah ada di ruang angkasa, tampaknya Google tidak akan mengambil risiko terburu-buru Gemini keluar pintu.

Masih seputar teknologi AI, Google belum lama ini meluncurkan teknologi AI generatif terbaru yang bernama Instrument Playground, yang memungkin penggunanya membuat musik dari berbagai alat musik yang ada.

Pada dasarnya, eksperimen AI generatif baru besutan Google ini membantu para penggunanya membuat sebuah musik yang terinspirasi oleh lebih dari 100 instrumen di seluruh dunia.

BACA JUGA:

Untuk membuat musik dengan Google Instrumen Playground ini, kalian bisa menanyakan perintah sederhana, yang didahului dengan suasana atau mood lagu, seperti upbeat, aneh, sedih, dan suram.

Setelah pengguna memberikan pertanyaaan dari, kemudian AK akan mengeluarkan klip audio berdurasi sekitar 20 detik, sebagai titik awal untuk membuat musik, yang mungkin menyertakan atau tidak suara instrumen yang dimasukkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI