Instrumen Playground, AI Generatif Google untuk Bikin Musik

Telset.id, Jakarta – Google meluncurkan teknologi AI generatif terbaru yang bernama Instrument Playground, yang memungkin penggunanya membuat musik dari berbagai alat musik yang ada.

Pada dasarnya, eksperimen AI generatif baru besutan Google ini membantu para penggunanya membuat sebuah musik yang terinspirasi oleh lebih dari 100 instrumen di seluruh dunia, lapor Engadget.

Untuk membuat musik dengan Google Instrumen Playground ini, kalian bisa menanyakan perintah sederhana, yang didahului dengan suasana atau mood lagu, seperti upbeat, aneh, sedih, dan suram.

BACA JUGA:

Setelah pengguna memberikan pertanyaaan dari, kemudian AK akan mengeluarkan klip audio berdurasi sekitar 20 detik, sebagai titik awal untuk membuat musik, yang mungkin menyertakan atau tidak suara instrumen yang dimasukkan.

Simon Doury, Artist in Residence di Google Arts & Culture Lab adalah orang yang merancang eksperimen ini. Dia memanfaatkan MusicLM Google , alat text-to-AI yang tersedia untuk umum pada bulan Mei.

Instrument Playground mengundang kalian untuk memilih salah satu dari lebih dari 100 instrumen dari seluruh dunia yang ingin kalian mainkan, ini akan menyarankan beberapa instrumen yang kurang dikenal oleh orang Amerika seperti veena dari India, dizi dari Tiongkok, atau mbria dari Zimbabwe.

Sementara itu, jika pengguna mengawali perintah instrumen dengan kata sifat memungkinkan, kalian menyarankan gaya seperti moody, happy, atau romantis kepada AI generatif ini.

Sayangnya eksperimen AI ini masih bekerja kurang dari yang diharapkan. Sebagai contoh, kata kunci angry tuba tidak menghasilkan solo brass agresif sesuai yang diharapkan. Sebaliknya, musik dengan kata kunci lebih terdengar seperti organ pipa yang disintesis dengan aspirasi tuba.

AI ini juga menolak beberapa kata sifat karena alasan yang tidak dapat dijelaskan. Saat memasukkan kata unik atau psikedelik, lalu muncul pesan kesalahan yang memberi tahu bahwa permintaan tersebut tidak mengizinkan permintaan yang merujuk pada artis tertentu.

BACA JUGA:

Meski begitu, teknologi ini masih tetap membantu untuk para penggunanya jika diminta memainkan musik yang tidak terlalu rumit. Saat ini, kalian bisa mengunjungi web resmi Instrument Playground dan masuk dengan akun Google untuk mulai menggunakan eksperimen AI ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI