Google, Facebook, Microsoft dkk Sepakat Perangi Hoaks Corona

hoaks corona

Telset.id, Jakarta – Kekhawatiran masyarakat soal wabah virus Corona diperparah dengan banyaknya hoaks soal wabah Covid-19 ini di media sosial atau medsos. Para raksasa teknologi, seperti Google, Facebook, LinkedIn, Microsoft, Reddit, sampai Twitter pun akhirnya bekerja sama untuk menyelesaikan masalah hoaks virus Corona ini.

Dalam sebuah pernyataan bersama, seperti dikutip Telset.id dari GizChina, Rabu (18/03/2020), mereka mengungkapkan akan bekerja sama dan bahu membahu untuk mengurangi banyaknya hoaks virus Corona yang beredar di tengah masyarakat.

Setiap perusahaan akan menggunakan platform dan channel masing-masing untuk memberikan pencerahan dan edukasi kepada pengguna terkait fakta soal virus Corona atau Covid-19. Tentu saja, fakta yang dibagikan sudah melalui tahap verifikasi data.

{Baca Juga: Empat Strategi Google Perangi Hoaks Virus Corona}

Seperti yang sudah dilakukan Reddit misalnya. Media sosial ini memandu pengguna untuk mencari informasi yang valid terkait Covid-10 ke situs milik Centers for Disease Control and Prevention.

{Baca Juga: 5 Berita Hoaks Terkait Virus Corona Diusut Kepolisian}

Sementara itu, Google baru saja merilis pembaruan di layanan Discover miliknya. Lewat pembaruan ini, pengguna Google dimungkinkan untuk melaporkan apabila menemukan berita hoaks atau misinformasi soal virus Corona.

Kebanyakan orang memantau secara berkala soal virus corona di internet atau sosial media. Maka dari itu, penting untuk hanya mendapatkan berita yang terbukti kebenarannya alias bukan merupakan hoaks.

Sebelumnya di Indonesia, Kominfo menemukan lebih dari 170 jenis hoaks yang beredar mengenai virus Corona di Tanah Air. Sekitar lima kasus hoax yang ditangani oleh pihak berwajib.

{Baca Juga: Makin Banyak, Hoaks Virus Corona Capai 170 Jenis}

Adapun bentuk hoaks terkait Covid-19 yang beredar di masyarakat saat ini diantaranya, suspect dan korban positif Corona, korban meninggal Corona, penyebab virus Corona, penyebaran virus Corona, Lokasi penyebaran virus Corona, Corona dengan isu SARA, Corona sebagai senjata Biologis, cara pencegahan virus Corona, dan banyak lagi,

Kominfo  terus berupaya menanggulangi penyebaran hoaks tersebut, yaitu dengan bekerja sama dengan media massa dan juga platform media sosial. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here