MWC 2023: Fitur Transfer eSIM untuk HP Android Rilis Tahun Ini

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi eSIM memantik Google untuk membawa fitur pendukung itu di smartphone Android. Rencananya fitur transfer eSIM akan dirilis di HP Android pada akhir tahun 2023 ini.

Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023, Google mengumumkan kalau pihaknya telah berkolaborasi dengan organisasi industri teknologi seperti  GSMA dan CSA untuk membentuk standar keamanan dan praktik pelabelan untuk perangkat smartphone.

Wujud dari kerja sama tersebut yaitu Google akan meluncurkan fitur transfer eSIM di HP Android pada akhir tahun ini. Fitur yang memudahkan pengguna untuk memindahkan nomor dan data seluler dari satu smartphone yang didukung eSIM ke smartphone lain yang mendukung teknologi serupa.

“Akhir tahun ini, berdasarkan standar global GSMA kami menghadirkan kemampuan transfer eSIM baru ke Android yang memungkinkan pengguna mentransfer data seluler mereka dengan cepat dan aman ke perangkat baru, tanpa harus menukar kartu SIM fisik,” kata Google.

BACA JUGA: 

Meski belum mengonfirmasi waktu pasti peluncurannya, namun dikatakan bahwa Deutsche Telekom asal Jerman akan menjadi operator pertama yang mendapatkan dukungan fitur transfer eSIM ini.

“Deutsche Telekom mengambil langkah pertama dalam menggunakan standar industri ini untuk mengaktifkan transfer yang sederhana dan aman dengan eSIM untuk ekosistem Android,” ungkap Google dikutip Telset dari Gadget 360 pada Jumat (03/03/2023).

Selain pengumuman terkait fitur pendukung teknologi eSIM, Google juga membagikan kemampuan Android terbaru pada smartphone yang baru diluncurkan dari merek mitranya seperti Samsung, OnePlus, Oppo dan Xiaomi.

Secara spesifik Xiaomi 13 dan 13 Pro yang juga dirilis di ajang MWC 2023 akan mendapat dukungan fitur kunci mobil digital. Begitu pun HP terbaru lainnya macam Oppo Find N2 Flip dan OnePlus 11 yang telah menerima fitur Nearby Share.

BACA JUGA: 

Sebelumnya masih di MWC 2023, Google juga memperkenalkan 9 fitur baru untuk perangkat berbasis Android dan Wear OS, serta aplikasi Google Meet. Beberapa fitur ada yang langsung diluncurkan pada 27 Februari 2023.

Lalu ada pula fitur yang baru diperkenalkan saja, tetapi belum diketahui kapan akan dirilis ke pengguna Android dan Wear OS. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI