telset

Facebook Bantah Ada Kebocoran Data Saat Layanannya Down

Telset.id, Jakarta – Setelah dihantam kritik oleh pengguna karena layanannya down, Facebook kembali diterpa isu terkait kebocoran data. Berhembus isu yang menyebutkan data pengguna Facebook bocor di tangan hacker ketika layanannya tumbang.

Dilansir dari GizChina, Rabu (6/10/2021), jaringan satelit Rusia mengklaim bahwa selama down, terjadi kebocoran data pengguna Facebook. Sebanyak 1,5 miliar akun Facebook masuk ke pasar gelap, dan kemungkinan sudah berada di tangan hacker.

Menanggapi isu tersebut, Facebook langsung buka suara. Platform sosial media milik Mark Zuckerberg tersebut dengan tegas membantah adanya data yang bocor selama layanan mereka down.

Baca Juga: Ini Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down

“Tidak ada bukti bahwa data pengguna telah bocor selama downtime. Kami percaya bahwa akar penyebab downtime ini adalah kesalahan dalam perubahan konfigurasi,” tulis Facebook dalam postingan blog resminya.

Facebook menjelaskan bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan komunikasi jaringan antar pusat data menyebabkan gangguan komunikasi.

Gangguan lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada metode komunikasi pusat data Facebook. Ini akhirnya menyebabkan layanan gagal dan pengguna tidak dapat mengakses halaman mereka.

Baca Juga: Facebook Down, Kekayaan Mark Zuckerberg Anjlok

Facebook juga menegaskan kembali bahwa tidak ada bukti kebocoran data pengguna Facebook telah dijual sebagai akibat dari downtime.

“Kami ingin memperjelas saat ini bahwa kami yakin akar penyebab masalah ini ini adalah konfigurasi yang salah. Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari waktu henti ini,” tegas Facebook.

Gangguan Layanan Facebook Dinilai Serius

facebook down

Gangguan pada DNS dinilai menjadi penyebab utama mengapa layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down berbarengan pada Senin malam (4/10/2021).

Menurut Chairman CISSReC, Pratama Persadha, kesalahan pada DNS dinilai cukup serius karena berdampak pula pada sistem komunikasi internal Facebook.

Baca Juga: Gangguan Facebook Bisa Jadi Ulah Hacker

“DNS ini mengantarkan URL tertentu dalam hal ini facebook.com ke IP tertentu dimana Facebook berada. Dalam kasus ini ada yang menarik keluar authoritative DNS route yang memungkinkan semua jaringan internet berkomunikasi dengan Facebook. Hal ini bisa juga terjadi karena human error,” ujarnya..

Analisa ini semakin diperkuat dengan dengan perbaikan yang harus dilakukan di pusat data Facebook. Artinya, para engineer Facebook juga tidak bisa mengakses sistem Facebook dari luar pusat data karena ketiadaan DNS. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0