telset

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik di HP Android dan iPhone

Telset.id – Bisakah pesan WhatsApp dikirim tanpa mengetik? Ya, bagi Anda pengguna HP Android dan iPhone keluaran baru bisa melakukannya. Bagaimana caranya? memberikan tips cara mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik di HP Android dan iOS

Cara menulis pesan tanpa mengetik di WA sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengonfigurasi beberapa pengaturan HP Anda sebelum bisa mengirimkan pesan WhatsApp tanpa harus mengetik.

Fitur ini dapat berguna pada saat Anda tidak memiliki akses fisik ke perangkat Android atau iOS Anda, tetapi berada di dekatnya. Anda juga dapat menggunakan asisten suara di smartphone Anda untuk membaca pesan WhatsApp.

Baca juga: Tutorial Whatsapp Web: Cara Menggunakan WA Web Terlengkap

Sebenarnya ini bukan cara baru. Karena fitur Google Assistant sudah memperkenalkan kemampuan untuk memungkinkan Anda mengirim pesan WA dengan menggunakan suara sejak tahun 2015.

Pada tahun 2016, Apple juga membawa Siri ke aplikasi perpesanan pihak ketiga yang dimanfaatkan oleh WhatsApp, tak lama setelah iOS 10 resmi dirilis.

Nah, buat Anda yang penasaran, kali ini kami akan memberikan tips cara mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik di HP Android dan iOS. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Kirim Pesan WA Tanpa Mengetik di Android

Sebelum memulai dengan langkah-langkah cara mengirim pesan tanpa mengetik di perangkat Android, pastikan Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru.

Anda juga harus menginstal Google Assistant versi terbaru di ponsel Anda. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memeriksa pembaruannya secara manual dari Google Play.

  1. Buka Google Assistant > ucapkan “Hai Google” atau “OK Google” untuk mengaktifkan asisten suara.
  2. Lalu Anda dapat mengucapkan perintah “Kirim pesan WhatsApp ke …” dengan menyebut nama orang di kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
  3. Google Assistant akan menanyakan isi pesan yang ingin Anda kirim melalui WhatsApp. Anda bisa mengucapkan isi pesan yang akan dikirim dengan suara yang jelas.
  4. Setelah selesai Google akan mengkonfirmasi pesan mau dikirim atau dibatalkan. Jika Anda merasa pesan yang akan dikirim sudah sesuai, Anda bisa mengatakan “Oke, kirim”.
  5. Selanjutnya Google Assistant akan mengirim pesan suara Anda tadi dalam bentuk pesan teks, tanpa perlu Anda mengetik di layar.

 

Penting untuk dicatat bahwa Google Assistant mungkin tidak meminta persetujuan Anda untuk mengirim pesan WA, karena dapat mengirimkannya langsung ke kontak yang telah Anda kirimi pesan.

Baca juga: Cara Balas Chat di Grup WhatsApp Tanpa Bisa Dibaca yang Lain

Cara Kirim Pesan WA Tanpa Mengetik di iOS

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mulai mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik di iOS. Pengalaman ini tersedia untuk pengguna di iOS 10.3 dan yang lebih baru.

  1. Buka Settings > Siri & Search lalu nyalakan dengarkan “Hey Siri”.
  1. Gulir ke bawah dan ketuk > WhatsApp lalu aktifkan > Use with Ask Siriuntuk mengaktifkan integrasi Siri.
  1. Anda sekarang dapat mengatakan “Hai Siri! Kirim pesan WhatsApp ke…” diikuti dengan nama kontak yang ingin Anda kirimi pesan.
  1. Siri akan menanyakan apa yang ingin Anda kirim. Anda kemudian dapat memberi tahu Siri pesan yang ingin Anda kirim ke kontak.
  1. Pratinjau akan muncul di layar iPhone Anda dengan pesan Anda. Siri juga akan membacanya untuk Anda.
  1. Lalu Siri akan menanyakan apakah Anda siap mengirim pesan. Jika Anda setuju dengan teks tersebut, Anda dapat mengatakan “Ya” untuk mengirim pesan Anda ke kontak Anda melalui WhatsApp.

Jika Anda mengakses WhatsApp melalui perintah suara di perangkat iOS untuk pertama kalinya, Anda akan diminta untuk mengizinkan Siri mengakses data WhatsApp Anda.

Tapi harap diketahui, terkadang Siri juga tidak berfungsi dengan baik saat menerima perintah untuk mengirim pesan WA. Namun asisten digital Apple biasanya akan memberikan “pesan kesalahan” dengan mengatakan, “Maaf, ada yang salah. Silakan coba lagi”.

Baca juga: Kirim Foto & Video di WhatsApp Bisa Terhapus Otomatis, Begini Caranya

So, Anda harus mengeceknya lebih dulu sebelum semua bisa berjalan dengan baik, dan mengizinkan Siri mengirim pesan teks Anda.

Nah, itu tadi tutorial gimana caranya mengirimkan pesan WhatsApp tanpa perlu mengetik di HP Android atau iPhone. Caranya gampang banget kan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0