telset

Tanpa Ampun, Facebook Blokir Iklan Signal di Instagram

Telset.id, Jakarta – Facebook dilaporkan telah blokir iklan Signal yang ditayangkan di Instagram. Kuat dugaan, Facebook tidak menyukai konten iklan yang dibuat oleh aplikasi Signal.

Rupanya, iklan Signal yang diblokir oleh raksasa media sosial ini berisi informasi soal bagaimana Facebook menggunakan data pengguna untuk membuat iklan bertarget.

Dilansir Telset dari ZDNet pada Minggu (9/5/2021), dalam iklannya, Signal menjelaskan bagaimana Facebook membuat beberapa iklan bertarget yang merujuk pada karakter pengguna.

Sebagai contoh, ketika pengguna merupakan penggemar K-Pop maka akan muncul iklan mengenai hal yang sama. Jika pengguna adalah seorang guru, maka akan banyak iklan bertema pendidikan.

“Kami membuat iklan bertarget multi-varian yang dirancang untuk menunjukkan kepada Anda data pribadi yang dikumpulkan Facebook tentang Anda dan aksesnya dijual,” tulis Signal melalui blog resmi perusahaan.

{Baca juga: Cara Memindahkan Grup WhatsApp ke Signal, Gampang Banget!}

Signal pun berkilah, kalau iklan mereka yang diblokir hanya untuk memberikan edukasi kepada pengguna Instagram dan Facebook. Namun, raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini tampaknya tak senang, sehingga iklan Signal pun diblokir.

“Iklan hanya akan menampilkan beberapa informasi yang dikumpulkan tentang pemirsa yang digunakan platform periklanan. Facebook tidak menyukai gagasan itu,” tutur Signal.

“Bersikap transparan tentang bagaimana iklan bertarget menggunakan data orang-orang tampaknya dilarang. Di dunia Facebook, satu-satunya penggunaan yang dapat diterima adalah untuk menyembunyikan apa yang Anda lakukan dari audiens Anda,” sambungnya.

Mengenal Aplikasi Signal

Signal sendiri aplikasi pesan singkat yang sedang naik daun, di tengah kebijakan privasi baru yang diberlakukan oleh WhatsApp. Banyak pengguna beralih ke Signal setelah isu bahwa WhatsApp akan membagi data pengguna mereka ke Facebook mencuat.

Signal pun kebanjiran pengguna baru dan menurut analis iklan App Annie, Signal berhasil menjadi aplikasi dengan pertumbuhan tercepat pada kuartal satu (Q1) tahun 2021.

Signal sendiri menawarkan berbagai keunggulan yang tidak tersedia di WhatsApp dan sifatnya lebih untuk menjaga privasi pengguna.

Iklan Signal Facebook Instagram
Tampilan iklan Signal yang diblokir Facebook

Contohnya, pengaturan privasi Signal memiliki opsi “Relay Calls” di mana panggilan masuk melalui server Signal untuk menghindari mengungkapkan alamat Internet Protocol (IP) Anda.

{Baca juga: Ini Kelebihan Aplikasi Signal Dibandingkan WhatsApp}

Kedua fitur yang memungkinkan pengguna mematikan pratinjau tautan dari situs web jika pengguna mengirimkannya dalam pesan. Fitur ketiga adalah PIN keamanan yang dapat diatur untuk menjaga keamanan akun.

Pengguna dapat mengatur pengingat PIN untuk memastikan bahwa Signal terus menanyakan hal yang sama kepada pengguna. Namun, PIN ini tidak dapat dipulihkan jika pengguna lupa.

{Baca juga: Cara Download Aplikasi Signal di Android dan iOS, Lengkap dan Aman!}

Artinya saat pengguna lupa PIN, maka pengguna kemungkinan besar akan kehilangan akses ke akun Signal. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0