Cara Download Aplikasi Signal di Android dan iOS, Lengkap dan Aman!

Cara Download Aplikasi Signal Android iOS
(Foto : Wired)

Telset.id – Cara download Signal di HP Android maupun iOS lumayan dicari saat ini, seiring munculnya kebijakan privasi data yang baru dari WhatsApp.

Kebijakan privasi data dari aplikasi WhatsApp memang membawa berkah untuk aplikasi chatting sejenis, salah satunya adalah Signal. Aplikasi Signal diklaim lebih aman dan mudah digunakan baik di Android maupun iPhone.

Usai pengumuman kebijakan baru dari WhatsApp yang memungkinkan mereka untuk berbagi data pengguna ke Facebook, Signal tiba-tiba menjadi aplikasi chatting yang populer di Android dan iPhone.

Bahkan, aplikasi ini masuk ke dalam daftar Top Chart di Google Play Store saat ini, bersama dengan aplikasi Telegram dan lainnya.

{Baca juga: Ini Kelebihan Aplikasi Signal Dibandingkan WhatsApp}

Cara Download Aplikasi Signal

Saat ini banyak pengguna ponsel pintar beralih dari WhatsApp ke Signal sehingga aplikasi ini kebanjiran pengguna baru.

Alasan pengguna beralih tentu saja karena kecewa dengan kebijakan baru di WhatsApp. Selain itu, Signal menawarkan keamanan dan privasi data pengguna.

Nah, bagi yang download aplikasi ini, tim Telset akan memberikan informasi lengkap mengenai cara download Signal untuk Android dan iOS. Yuk disimak!

Cara Download Signal di Android dan iOS

Cara download Signal untuk Android ataupun iOS tidak sulit. Hampir semua jenis smartphone bisa mengunduh Signal dan aplikasi ini tidak memerlukan memori penyimpanan yang besar.

  • Buka aplikasi Google Play Store atau App Store, dan cari Signal di kolom pencarian.
  • Kemudian, pilih Install untuk memulai proses download dan pemasangan aplikasi ke HP Anda.
Cara Download Aplikasi Signal Android iOS
Signal terdapat di Google Play Store dan App Store. (Foto: Telset)
  • Selanjutnya, buka aplikasi dan pilih Lanjutkan. Signal akan meminta izin mengelola panggilan telepon dan izin mengakses kontak Anda.
  • Izinkan aplikasi tersebut, dan masukkan nomor telepon Anda. Selanjutnya, klik menu Berikutnya.
Cara Download Aplikasi Signal Android iOS
Masukkan nomor Anda untuk menggunakan aplikasi ini. (Foto: Telset)
  • Tunggu beberapa saat, dan Anda akan mendapatkan nomor otentikasi melalui SMS yang harus diisi pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya silakan untuk menambahkan foto dan nama. Selesai mengatur foto, klik Berikutnya.
Cara Download Aplikasi Signal Android iOS
Siapkan nama dan profil foto Anda. (Foto: Telset)
  • Terakhir, Anda diminta untuk membuat kode PIN untuk keamanan akun dan klik Berikutnya. PIN ini harus selalu dimasukkan ketika Anda membuka akun.
Cara Download Aplikasi Signal Android iOS
Buatlah PIN agar aplikasi lebih aman. (Foto: Telset)

Tips Bagi Pengguna Signal 

Bukan cuma membagikan cara download aplikasi Signal di Android maupun iOS, kami juga akan memberikan beberapa tips ketika menggunakan aplikasi ini.

Cara ini bisa Anda ikuti supaya bisa menggunakan aplikasi Signal dengan lebih aman dan maksimal. Dilansir Telset dari NDTV, Rabu (13/1/2021), berikut ini kami rangkum 5 tips menggunakan aplikasi Signal.

1. Gunakan Screen Lock 

Tips Menggunakan Signal Android iOS
(Foto: Wired)

Signal memiliki fitur Screen Lock yang memungkinkan Anda mengunci aplikasi dengan PIN, atau kunci biometrik. Jadi, meskipun Anda menyerahkan ponsel kepada orang lain, mereka tidak dapat membuka aplikasi.

Untuk menggunakan fitur ini, buka Settings lalu pilih Privacy. Aktifkan toggle Screen Lock On.

2. Matikan Notifikasi “Joined Signal”

Cara Menggunakan Signal Android iOS
(Foto: How To Geek)

Anda dapat mematikan notifikasi “Joined Signal”. Seperti diketahui, ponsel Anda akan banyak menerima notifikasi pemberitahuan bahwa kontak teman atau keluarga Anda bergabung ke Signal.

Supaya lebih tenang, Anda dapat mematikan notifikasi pemberitahuan dengan mudah. Caranya, buka menu Settings lalu Notifications. Kemudian, matikan toggle Contact Joinen Signal.

3. Buramkan Wajah di Foto

Tips Menggunakan Signal Android iOS
(Foto: Gadgets NDTV)

Signal juga memiliki fitur untuk memburamkan wajah. Signal memungkinkan pengguna untuk memburamkan wajah orang lain di foto atau kondisi sekitar. Fitur ini cocok bagi Anda yang ingin lebih privasi mengenai foto profil Anda.

Seperti gambar di atas, cara memburamkan wajah di Signal sangat mudah. Silakan Anda Ketuk tanda +, lalu ketuk gambar yang akan dikirim sebagai foto profil. Selanjutnya, tekan tombol Blur Faces.

4. Kirim Pesan Menghilang

Cara Menggunakan Signal Android iOS
(Foto: Istimewa)

Signal memiliki fitur pesan yang dapat menghilang atau terhapus secara otomatis. Fitur ini memungkinkan pesan yang dikirim memiliki batas waktu dan kemudian dihapus otomatis sehingga percakapan Anda tetap pribadi.

{Baca juga: Pengguna WhatsApp Harus Serahkan Data ke Facebook atau Hapus Akun}

Untuk menggunakannya, buka chat obrolan ke seseorang lalu aktifkan toggle Disappearing Messages dan geser pengatur waktu untuk mengatur berapa lama pesan akan bertahan.

5. Atur Lampiran yang Dapat Dilihat

Tips Menggunakan Signal Android iOS
{Foto: Istimewa)

Tips menggunakan Signal terakhir adalah membatasi pengguna lain mengakses lampiran gambar atau video yang Anda kirim saat di ruang chat.

Dengan pengaturan ini, Anda dapat mengirim gambar atau video yang hanya dapat dilihat satu kali, dan setelah ditutup, lampiran menghilang. Jadi lampiran hanya dapat dilihat beberapa hari atau minggu setelah Anda mengirimkannya.

Cara menggunakan fitur tersebut yakni klik tanda + lalu ketuk gambar atau video yang akan dikirimkan. Tekan ikon Infinity di sudut kiri bawah.

Demikian informasi lengkap mengenai cara download Signal di HP Android dan iOS, lengkap dengan tips menggunakannya. Semoga cara ini bermanfaat bagi Anda yang ingin pindah ke Signal. Selamat mencoba! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here