Elon Musk Kirim Starlink untuk Pulihkan Internet di Ukraina

Telset.id, Jakarta – Elon Musk memberikan bantuan ke negara Ukraina, dengan menghadirkan layanan internet dari satelit Starlink supaya warga bisa kembali mengakses internet dengan baik.

Dilansir Telset dari Engadget pada Selasa (1/3/2022), bantuan ini diberikan setelah Menteri Transformasi Digital Ukraina Mykhailo Fedorov menghubungi Elon Musk melalui Twitter pada Sabtu (26/2/2022).

Fedorov meminta supaya Elon Musk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina agar akses internet di sana bisa kembali normal.

Sebab, perang antara Rusia dan Ukraina mengakibatkan infrastruktur internet mengalami kerusakan sehingga warga kesulitan untuk mengakses internet.

Baca juga:  Situs Pemerintah Ukraina Diserang, Ulah Hacker Rusia?

“@elonmusk, saat Anda mencoba menjajah Mars — Rusia mencoba menduduki Ukraina! Sementara roket Anda berhasil mendarat dari luar angkasa — roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina! Kami meminta Anda untuk menyediakan stasiun Starlink ke Ukraina dan memberi tahu orang Rusia yang waras untuk berdiri,” cuit Fedorov.

Cuitan Fedorov viral di Twitter. Hingga saat ini permintaan dari pejabat Ukraina tersebut mendapatkan 23,6 ribu retweet, 1.827 tweet komentar, 175 ribu likes dan ratusan komentar dari netizen.

Bukan cuma dari netizen saja, Elon Musk pun juga merespon permintaan Fedorov. CEO SpaceX itu memberikan informasi kalau layanan internet dari satelit Starlink telah aktif disana.

“Layanan Starlink sekarang aktif di Ukraina. Lebih banyak terminal dalam perjalanan,” balas Elon Musk.

Tindakan Elon Musk mendapatkan respon positif dari publik. Akan tetapi menurut Executive Director Rebellion PAC Brianna Wu satelit Stalink tidak bisa beroperasi dengan baik di Ukraina.

Alasannya karena parabola Starlink membutuhkan garis pandang yang sempurna dengan jaringan konstelasi SpaceX. Itu artinya jaringan internet Starlink akan sulit beroperasi di wilayah perkotaan Ukraina karena sinyal terhalang oleh bangunan.

Belum lagi dengan adanya asap dari tembakan artileri Rusia yang bisa menghalangi sinyal Starlink di negara Eropa Timur tersebut.

Brianna Wu juga mempertanyakan apakah Starlink bisa memberikan akses internet yang merata untuk warga Ukraina, baik yang ada di wilayah perkotaan seperti di Kyiv atau di wilayah lainnya.

Baca juga: 40 Satelit SpaceX Jatuh ke Bumi, Dihantam Badai Geomagnetik

Terlepas dari pernyataan dari Brianna Wu, apa yang dilakukan Elon Musk patut diacungi jempol. Saat ini Menteri Mykhailo Fedorov melaporkan ke publik kalau bantuan Starlink telah datang di negaranya.

“Starlink di sini. Terima kasih, @elonmusk,” ungkapnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0