Daftar Aplikasi Berisi Malware yang Bisa Kuras Uang Pengguna

Telset.id, Jakarta – Setiap harinya banyak aplikasi yang masuk di Google Play Store, namun berdasarkan laporan dari Trend Micro Research telah ditemukan aplikasi berisi malware yang melakukan penipuan dan menguras uang penggunanya.

Bagi yang belum tahu, Trend Micro Research meruapakan perusahanan analisis ancaman salah satunya melakukan pencarian aplikasi yang berbahaya di ponsel.

Berdasarkan laporan dari PhoneArena, perusahaan tersebut telah menemukan lusinan aplikasi baru yang berbahaya dan harus dihapus di HP Anda, jika Anda memiliki aplikasi ini di ponsel kalian.

BACA JUGA:
Malware yang pertama adalah CherryBlos yang disebarkan melalui promosi di media sosial, dan mengarahkan pengguna ke situs web phising yang membuat mereka mengunduh aplikasi jahat ini. Malware CherryBlos mencuri kredensial crypto dan mengubah alamat yang digunakan untuk proses penarikan uang.
Malwarea ini menggunakan paket komersial dengan kemampuan perlindungan canggih yang disebut Jiagubao agar tidak terdeteksi. Ini meminta pengguna untuk memberikan izin aksesibilitas dan mengikuti teknik anti-kill, seperti mengabaikan pengoptimalan baterai.
Bahayanya, ini juga membuat para pengguna kembali ke layar beranda ketika mereka memasuki pengaturan aplikasi, kemungkinan ini untuk menghindari penghapusan aplikasi berisi malware ini.
Secara keseluruhan, 4 aplikasi dengan malware CherryBlos ditemukan dan dihosting di berbagai situs web antara lain chatgptc.io bernama GPTalk, happyminer.com bernama Happy Miner, robot999.net dengan label Robot 999, dan synthnet.ai dengan nama SynthNet.
Modus dari serangannya adalah menampilkan antarmuka palsu yang ditampilkan saat pengguna meluncurkan aplikasi resmi untuk mencuri kredensial. Jumlah yang dana yang ditarik, dikirim ke alamat yang dikendalikan penyerang.
Malware ini menggunakan OCR untuk mengidentifikasi frasa mnenomik potensial. Namun, aplikasi bernama Synthnet yang dibuat oleh pengembang yang sama ditemukan di Google Play Store, tetapi tidak memiliki malware.
Aplikasi lain yang berisi malware adalah bagian dari kampanye FakeTrade yang memancing korban untuk mengunduh aplikasi penghasil uang yang diklaim dapat meningkatkan pendapatan melalui rujukan dan top-up, tetapi ketika pengguna tidak bisa menarik uang dari aplikasi.
Aplikasi Malware Play StoreSementara itu, CherryBlos ditemukan memiliki hubungan dengan aplikasi ini dan tersedia di berbagai wilayah, seperti Indonesia, Malaysia, Meksiko, Filipina, Uganda, dan Vietnam, meskipun saat ini telah dihapus.
Berikut daftar nama aplikasi berisi malware tersebut:
  1. AMA
  2. BBShop
  3. Canyon
  4. Domo
  5. Envoy
  6. Fair
  7. FIRETOSS
  8. Gobuy
  9. GoDo
  10. Goshop
  11. Huge
  12. Koofire
  13. Leefire
  14. Moshop
  15. NtBuy
  16. Onefire
  17. Papaya
  18. Saya
  19. Smartz
  20. Upwork
  21. WebFx
  22. Youtech
BACA JUGA:
Bagi kalian yang sudah membuat kesalahan dengan mengunduh salah satu aplikasi di atas di ponsel kalian, segera hapus aplikasi berbahaya tersebut secepat mungkin.
Sebagai peringatan untuk kedepannya, diharapkan para pengguna Google Play Store hanya mengunduh aplikasi yang terpercaya dan melihat terlebih dahulu ulasan dari aplikasi yang akan diunduh, untuk memastikan tidak ada bahaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI