Waspada! Dua Aplikasi Ini Disusupi Spyware di Play Store

Telset.id, Jakarta – Pengguna smartphone berbasis Android perlu lebih waspada saat menginstal aplikasi di Play Store. Perusahaan keamanan siber Cyfirma telah menemukan dua aplikasi yang sudah disusupi spyware.

Aplikasi spyware ini bahkan dikatakan merupakan alat yang digunakan oleh kelompok penjahat yang disponsori negara untuk mengumpulkan data lokasi dan daftar kontak dari perangkat yang ditargetkan.

Menurut Cyfirma, serangan dengan aplikasi bahaya ini berasal dari grup peretas asal India bernama DoNot, meskipun belum diyakini 100%. Terakhir kali, tindakan kelompok ini telah terlihat di Pakistan.

BACA JUGA:

Dua aplikasi Spyware di Google Play Store adalah nSure Chat dan iKHfaa VPN. Aplikasi VPN berisi spyware ini menyalin kode dari aplikasi resmi bernama Liberty VPN, dan menambahkan kode tamahan untuk mengakses serta mengumpulkan daftar kontak hingga untuk menemukan lokasi taget. Aplikasi ini melacak lokasi secara langsung.

Bagi sebagian pengguna yang terlanjut sudah menginstal aplikasi iKHfaa VPN yang berbahaya disarankan untuk tidak mengaktifkan layanan lokasi atau GPS agar tidak bisa diakses oleh aplikasi.

Meskipun sebagian besar aplikasi VPN lainnya yang tidak berbahaya meminta izin untuk menggunakan lokasi dan kontak, namun iKHfaa VPN meminta akses tersebut. Hal ini membuat Cyfirma cukup curiga dan menggali informasi lebih dalam untuk menemukan bahwa kelompok penjahat DoNot adalah penyerang di balik malware ini.

Saat menginstal aplikasi VPN berbahaya ini, aplikasi akan menampilkan pop-up yang meminta pengguna untuk mengaktifkan lokasi perangkat menggunakan layanan GPS Google. Jika GPS langsung diaktifkan lokasi terkini akan dideteksi oleh aplikasi, sedangkan jika GPS tidak aktif, lokasi terakhir pengguna akan muncul dan dideteksi oleh aplikasi.

Dua aplikasi spyware yang disebutkan sebelumnya saat ini masih tetap ada di Google Play Store. Jika aplikasi tersebut telah diinstal di ponsel Anda di mana pun Anda tinggal, pastikan untuk menguninstall aplikasi secepat mungkin.

BACA JUGA:

Nama pengembang aplikasi ini adalah SecurITY Industry dan jumlah unduhan untuk aplikasi berbahaya ini masih sedikit yang berarti aplikasi ditujukan untuk target terentu, meskipun muncul di Google Play Store.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah ponsel dari aplikasi jahat serupa adalah dengan membaca komentar di aplikasi. Lalu cari komentar negatif dari mereka yang menginstal aplikasi, seperti aplikasi membuat HP menjadi panas, lambat, dan menguras baterai dengan cepat. Karena hal-hal tersebut menjadi tanda aplikasi tersebut harus dihindari.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI