China Perluas Larangan Pemakaian iPhone dan Samsung

Telset.id, Jakarta – Pemerintah China telah memperluas larangannya terhadap smartphone non China yang secara khusus menargetkan iPhone dan perangkat Samsung Galaxy.

Larangan ini awalnya diterapkan di wilayah tertentu, tetapi kini telah menyebar di 8 provinsi, termasuk daerah pesisir yang makmur, meningkatkan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap pasar smartphone global.

Termotivasi oleh keinginan untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi yang berbasis di Amerika Serikat, Pemerintah China telah mengarahkan perusahaan yang berafiliasi dengan negara dan kantor pemerintah untuk melarang penggunaan smartphone non China di antara karyawan mereka.

Kebijakan tersebut mencakup perangkat yang sangat populer seperti iPhone dan ponsel Samsung Galaxy, dengan karyawan disarankan untuk tidak membawa perangkat ini ke tempat kerja.

BACA JUGA:

Ruang lingkup larangan tersebut telah berkembang dari beberapa negara bagian menjadi upaya nasional selama dekade terakhir, menampilkan strategi jangka panjang China untuk mempromosikan teknologi lokal dan manufaktur chip semikonduktor.

Sementara pemerintah China secara resmi menyangkal larangan langsung pada iPhone dan ponsel Samsung, laporan lainnya menunjukkan berbagai tingkat penegakan di berbagai lembaga pemerintah, dengan karyawan diinstruksikan untuk memilih merek lokal sebagai gantinya.

Langkah ini diharapkan memiliki dampak besar pada pasar smartphone global, terutama yang mempengaruhi Apple dan Samsung. Pengurangan yang diantisipasi dalam penjualan iPhone dan ponsel Samsung di China, pasar smartphone terbesar di dunia, telah menyebabkan penurunan saham Apple.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Selasa (19/12/2023), larangan ini juga telah menciptakan efek riak, berdampak pada harga saham pemasok Apple, termasuk LG Innotek dan Minebea Mitsumi.

Menanggapi larangan tersebut, perusahaan-perusahaan kecil di kota-kota tingkat bawah dilaporkan mengeluarkan arahan lisan kepada karyawan untuk berhenti menggunakan telepon non Cina.

Penyebaran larangan tidak resmi ini menyoroti implikasi yang lebih luas bagi produsen smartphone asing yang beroperasi di China.

Sementara Apple belum memberikan tanggapan segera terhadap larangan tersebut, analis pasar memperkirakan penurunan signifikan dalam penjualan iPhone, berdampak pada pendapatan Apple dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Sebaliknya, perusahaan lokal China seperti Huawei siap untuk mendapatkan keuntungan dari larangan tersebut, mengalami peningkatan penjualan smartphone.

Ketika larangan itu dipercepat dan lebih banyak agen China dan perusahaan yang didukung negara memperpanjang larangan kepada staf mereka, lanskap teknologi global menghadapi tantangan yang sedang berlangsung.

BACA JUGA:

Promosi China terhadap perangkat lunak lokal dan manufaktur chip semikonduktor mencerminkan tren yang lebih luas dari negara yang mengurangi ketergantungannya pada teknologi asing di berbagai sektor, menandai perubahan paradigma dalam industri teknologi global.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI