China Luncurkan Internet Tercepat di Dunia, Tembus 1 TB per Detik

Telset.id, Jakarta – China telah meluncurkan jaringan internet yang diklaim menjadi tercepat di dunia karena kecepatan internet yang ditawarkan mencapai 1 Terabyte (TB) per detik.

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Rabu (15/11/2023), jaringan ini telah beroperasi sejak Juli 2023 kemarin, dan dikembangkan oleh Universitas Tsinghua, China Mobile, Huawei Technologies, dan Cernet Corporation.

Layanan internet tercepat di dunia ini menggunakan jaringan backbone dan sejauh lebih dari 3.000 kilometer, yang menghubungkan Beijing, Wuhan, dan Guangzhou yang didukung pula oleh sistem kabel serat optik yang luas.

Koneksi Beijing-Wuhan-Guangzhou adalah bagian dari proyek ambisius Future Internet Technology Infrastructure (FITI), satu dekade dalam pembuatan dan iterasi lanjutan dari China Education and Research Network (Cernet).

BACA JUGA:

Proyek FITI, di bawah kepemimpinan Wu Jianping dari Chinese Academy of Engineering, bertujuan untuk tidak hanya menciptakan jalur super cepat tetapi untuk meletakkan dasar bagi internet yang lebih cepat di masa depan.

Wakil presiden Huawei Technologies Wang Lei menyoroti kapasitas jaringan yang luar biasa. Pasalnya dengan kecepatan internet hingga 1 TB per detik maka kemampuannya setara mentransfer data 150 film kualitas HD hanya dalam 1 detik.

Sedangkan Xu Mingwei dari Universitas Tsinghua menyamakan jaringan tersebut dengan jalur kereta super cepat karena memberikan efisiensi dan efektivitas biaya dari sistem baru, yang membuatnya lebih mudah untuk dikelola sambil menangani beban data yang jauh lebih tinggi.

Di luar kemampuan teknisnya, jaringan ini sangat penting untuk pendidikan nasional, penelitian, dan kebutuhan yang muncul dalam transfer data untuk aplikasi seperti kendaraan listrik yang terhubung dan teknologi 5G industri.

Proyek FITI, yang didukung oleh pemerintah dan dikelola oleh Kementerian Pendidikan, merupakan tonggak sejarah yang luar biasa, tidak hanya dalam teknologi internet tetapi juga dalam mengejar kemandirian teknologi China.

BACA JUGA:

Pengembangan jaringan melibatkan produksi dalam negeri dari semua komponen perangkat lunak dan perangkat keras, menandai pergeseran dari ketergantungan China sebelumnya pada teknologi asing.

Tim yang dipimpin oleh Wu Jianping telah membuat kemajuan signifikan dalam router, switch, dan koneksi serat optik, menunjukkan kecakapan China yang berkembang dalam teknologi internet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI