telset

Bahaya Malware Squid Game dan Tips Menghindarinya

Telset.id – Bagi Anda penggemar serial Squid Game, mulai sekarang harus hati-hati dengan bahaya malware Squid Game yang kini banyak bertebaran. Kaspersky memberikan tips tips squid game agar terhindar dari tawaran kostum, link streaming game palsu.

Selama sebulan setelah perilisannya, Squid Game menjadi serial terbesar Netflix, dengan lebih dari 111 juta penonton. Sayangnya prestasi tersebut harus tercoreng dengan malware dan kejahatan siber berkedok Squid Game.

Baca juga: Squid Game Pecahkan Rekor Penayangan di Netflix

Pelaku kejahatan siber memanfaatkan momentum tersebut dengan menciptakan malware dan penipuan di platform belanja online. So, Bahaya Malware Squid Game itu nyata lho sob. Nah, berikut ini hasil temuan Kaspersky mengenai berbagai jenis kejahatan tersebut.

1. Ada Malware di File Squid Game 

tips Squid Game Malware kostum

Dari periode September hingga Oktober 2021, Kaspersky menemukan beberapa lusin file berbahaya yang berbeda di web, dan berkedok dengan nama Squid Game.

Dalam sejumlah kasus yang dianalisis, Kaspersky menemukan pengunduh malware Trojan yang dapat menginstal program berbahaya. Selain itu ditemukan juga jenis Trojan dan adware lainnya di file Squid Game.

Modusnya cukup cerdik. Korban akan diperlihatkan episode pertama Squid Game versi animasi. Namun, diam-diam Trojan diluncurkan dan mencuri data dari berbagai browser pengguna.

Baca juga: Installer Windows 11 Palsu Mengandung Trojan

Kaspersky juga menemukan game mobile yang mengandung malware yang mengeksploitasi ketenaran Squid Game.

2. Penipuan Penjual Pakaian Squid Game 

website link streaming

Bukan cuma malware saja, ada praktik penipuan dan pencurian data dengan modus penjual kostum Squid Game.

Kaspersky mengamati bahwa banyak toko palsu terkait Squid Game bermunculan di internet. Mereka menjual berbagai pakaian yang dipakai di dalam serial dan  mengaku sebagai toko resmi.

Namun, saat belanja di situs tersebut, pengguna berisiko kehilangan uang mereka dan tidak mendapatkan barang yang diinginkan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Malware di HP Android

Selain itu, para pengguna juga secara tidak langsung telah membagikan informasi perbankan dan identitas pribadi seperti rincian kartu, termasuk alamat email, alamat tempat tinggal, dan nama lengkap kepada pelaku kejahatan siber.

3. Website Permainan Online Squid Game 

Kaspersky menemukan beberapa halaman website yang menawarkan permainan Squid Game dalam versi online. Hadiah yang ditawarkan adalah100 Binance Con (BNB).

kostum link streaming

Sayangnya semua itu hanya tipu daya belakang. Anda tidak akan menerima hadiah yang dijanjikan website tersebut, tetapi malah mendapat pengunduhan malware bahkan kehilangan data.

Tidak hanya itu saja, karena Kaspersky lagi-lagi ditemukan banyak website berbahaya yang mengaku menyediakan link streaming Squid Game.

Tips Terhindar di Jebakan Malware Squid Game 

tips Squid Game Malware kostum link streaming

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Supaya Anda tidak menjadi korban malware Squid Game, Kaspersky memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini informasi selengkapnya.

Baca juga: Tips Mencegah Website Agar Tidak Mudah Dihack

  • Selalu memeriksa keaslian situs web sebelum memasukkan data pribadi.
  • Pastikan untuk menggunakan laman web resmi untuk menonton atau mengunduh film.
  • Periksa ulang format URL dan ejaan nama perusahaan.
  • Perhatikan ekstensi file yang Anda unduh. Jangan unduh kalau file video memiliki ekstensi .exe atau .msi.
  • Gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky Security Cloud, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.
  • Hindari tautan yang menjanjikan penayangan awal konten, dan jika ragu tentang keaslian konten, hubungi penyedia hiburan Anda.

Demikian informasi lengkap mengenai bahaya malware Squid Game, dan tips mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan tetap hati-hati saat berselancar di internet. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0