Cara Menghilangkan Malware di HP Android, Paling Ampuh!

Telset.id – Malicious Software atau biasa disebut malware, sering kali ditemukan di smartphone Android. Nah, karena sangat bahaya jika ponsel Anda terjangkit virus jahat ini, maka kamu haru tahu cara menghilangkan malware di HP Android.

Terkadang kita tidak menyadari ponsel Android kita sudah disusupi malware yang masuk lewat aplikasi yang kita unduh.

Aplikasi yang sudah disusupi virus ini mengundang banyak bahaya, yang berujung kerugian bagi para pengguna ponsel pintar.

Beberapa masalah yang sering ditimbulkan malware misalnya aplikasi yang berjalan di background menjadi boros baterai, hingga yang paling parah dapat mencuri data pribadi pengguna smartphone.

{Baca juga: 7 Tips Melindungi Data Pribadi di Smartphone dan Laptop}

Ada beberapa cara untuk mendeteksi dan melakukan tindakan preventif agar malware tidak mudah masuk ke dalam ponsel. Penasaran bagaimana cara mendeteksi dan melindungi ponsel Anda? Berikut ini cara menghilangkan malware di hp Android.

Ciri-ciri HP Android Terkena Malware

menghilangkan malware di hp

Sebelum kami menjelaskan bagaimana cara menghilangkan virus atau malware android, ada baiknya Anda juga harus cek malware di Android engan mengetahui cirinya. Nah, berikut ini ciri-ciri ponsel Anda terjangkit virus atau malware:

  • Baterai cepat boros

    Ciri pertama adalah ponsel menjadi cepat boros. Anda bisa mengecek pemakaian baterai dibandingkan sebelumnya. Jika ponsel terasa boros, padahal Anda merasa tidak sering menggunakan ponsel, maka ini adalah tanda ponsel Anda sudah terjangkit malware.

  • Banyak muncul iklan pop-up

    Ciri lainnya adalah meningkatnya intensitas iklan yang muncul di ponsel. Jika Anda sering mendapatkan iklan pop-up di ponsel, maka ini adalah tanda-tanda ponsel Anda terkena malware.

  • Menyedot pulsa atau Kuota cepat habis

    Salah satu ciri ponsel Anda sudah terjangkit malware adalah dengan melihat pemakaian pulsa atau kuota Internet. Jika Anda merasa pulsa atau kuota Anda cepat habis, padahal pemakaian normal, maka kemungkinan ponsel Anda sudah dimasuki virus jahat.

  • HP Jadi Lemot

    Ciri lainnya adalah kinerja ponsel tiba-tiba menjadi lemot. Biasanya jika ponsel Android Anda terkena malware akan membuat kinerja HP menjadi lambat saat membuka aplikasi yang ringan sekalipun, padahal kapasitas RAM masih cukup dan aplikasi yang digunakan juga sebenarnya sedikit.

  • Ponsel jadi cepat panas

    Tanda-tanda ponsel terkena malware berikutnya adalah ponsel menjadi cepat panas, padahal tidak sedang banyak digunakan. Hal ini disebabkan karena ada aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa persetujuan Anda.

  • Waktu booting lebih lama

    Selain ponsel menjadi lemot, ciri lain HP yang disusupi malware adalah biasanya akan menyebabkan waktu booting menjadi lebih lama dari biasanya.

  • Menerima SMS aneh dan sinyal sering putus

    Nah, ciri yang terakhir adalah, Anda jadi sering menerima pesan SMS aneh dari sumber yang tidak diketahui. Selain itu, saat sedang melakukan panggilan telepon, suara atau sinyal HP jadi sering putus-putus.

{Baca Juga: Waspada! 9 Aplikasi Android Berbahaya Ini Mengandung “Malware Licik”}

Cara Menghilangkan Malware di HP Android

Menghilangkan malware Android

Setelah mengetahui beberapa ciri ponsel yang sudah terjangkit malware, sekarang Anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan malware di HP Android yang sangat berbahaya jika dibiarkan.

Ada beberapa cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus yang bisa Anda lakukan, agar ponsel Anda bersih dari virus jahat. Berikut ini tips bagaimana cara menghilangkan virus di HP Android:

  1. Uninstall aplikasi yang mencurigakan

    Jika Anda sudah menemukan aplikasi yang disusupi malware, langkah yang bisa diambil adalah melakukan pembersihan virus tersebut. Cara membersihkan malware di Android ini adalah dengan masuk ke menu > Setting, lalu pilih > Aplications, kemudian pilih aplikasi yang ingin dicopot pemasangannya.

  2. Hapus Administrator Rights

    Jika aplikasi tidak berhasil dicopot atau uninstall, cara menghapus malware di HP berikutnya adalah mengecek Administrator Perangkat, karena kemungkinan aplikasi tersebut memiliki administrator rights. Anda bisa menghapus izin aplikasi tersebut dan melakukan pencopotan pemasangan secara normal.

    Anda bisa menghapus administrator rights dengan cara berikut:

    Cara menghilangkan malware di hp

    • Masuk ke > Setting, pilih > Security dan lihat bagian Device Administrator. Anda akan bisa melihat menu Android Device Manager di daftar tersebut dan hapus izin aplikasi yang sulit di-uninstall.

    cara menghilangkan malware di hp

    • Jika sudah, lakukan restart HP Android Anda untuk mengecek apakah malware sudah hilang dari HP Anda. Setelah restart dan smartphone menyala, Anda bisa melihat apakah kinerjanya sudah normal kembali seperti semula.
  3. Install Aplikasi Antivirus

    Jika kedua cara menghilangkan malware di Android tadi tidak berhasil, maka jalan lain yang bisa dilakukan adalah melakukan pemasangan anti virus di ponsel Anda. Selain mendeteksi, anti virus juga akan mengingatkan Anda ada virus atau malware yang hendak masuk ke ponsel.

    Saat ini sudah banyak antivirus yang bisa Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda siapkan. Beberapa diantaranya yang sudah populer seperti misalnya Kaspersky antivirus, AVG, ESET, Avast dan lainnya. Anda bisa cari dan mengunduhnya di Google Play Store.

{Baca Juga: Uninstall 24 Aplikasi Android Berbahaya Ini Segera!}

Cara Menghapus Malware Tanpa Aplikasi

Jika Anda merasa ponsel Anda bekerja tidak normal seperti biasanya dengan ciri-ciri seperti yang kami sebutkan di atas, sebaiknya Anda harus segera memeriksa kondisi ponsel, karena kemungkinan sudah terinfeksi malware.

Berikut beberapa cara menghilangkan malware di HP Android tanpa aplikasi yang bisa Anda lakukan. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Hapus Lewat Draw over other apps

    Cara menghilangkan malware di Android yang bisa Anda lakukan adalah mencari aplikasi mencurigakan dalam pengaturan ponsel. Caranya, masuk ke > Setting, lalu pilih > Draw over other apps di dalam tab Aplikasi.

    Setelah itu, Anda akan bisa melihat seluruh aplikasi yang mencoba untuk “mengambil” data dari aplikasi lain, dan selanjutnya Anda bisa hapus untuk melindungi ponsel Anda dari malware.

  2. Masuk ke Safe Mode

    Jika dengan cara menghapus malware di HP Android tadi masih belum mempan, cobalah cara yang kedua dengan masuk masuk ke Safe Mode untuk menghapusnya secara manual.

    Namun biasanya cara menghilangkan virus di HP ini hanya akan efektif jika smartphone Anda benar-benar telah terinfeksi malware. Berikut cara masuk ke Safe Mode:

    cara menghilangkan virus di hp

    • Tekan tombol Power dan tahan agak lama. Lalu klik > Safe Mode.
    • Jika pilihan Safe Mode tidak muncul, kemungkinan malware di HP Anda sudah memblokir opsi tersebut. Jika begitu, Anda harus melakukan hard reset.
    • Caranya, tekan tombol Power dan tahan selama 10 detik, atau tekan tombol volume up & down sekaligus saat booting.
    • Setelah masuk ke mode aman (Safe Mode), Anda bisa masuk ke menu > Pengaturan > Apps > Downloaded.
    • Anda bisa mencari file aplikasi yang mencurigakan dengan tekan ikon aplikasi tersebut, lalu pilih opsi Uninstall.

Cara Mencegah Serangan Malware di HP

malware ponsel android murah

Salah satu cara paling mudah untuk memperkecil kemungkinan malware masuk ke HP adalah dengan tidak mengunduh aplikasi di luar situs resmi, seperti Google Play Store. Biasanya, aplikasi yang dapat diunduh di beberapa situs sudah disusupi oleh malware, yang tentunya akan merugikan kita.

Selain itu, pastikan pengaturan pemasangan dari sumber tidak dikenal untuk dinonaktifkan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah ketidaksengajaan kita dalam memasang aplikasi dari luar situs resmi.

{Baca Juga: Awas! 104 Aplikasi Android Populer Terjangkit Malware Soraka}

Lalu yang tak boleh ketinggalan adalah selalu cek ketersediaan pembaharuan aplikasi Anda. Dengan melakukan pembaharuan, maka memperkecil kemungkinan aplikasi yang ada untuk ditembus oleh malware.

Nah, itulah tadi tips bagaimana cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus. Anda bisa mencobanya, dan selalu waspada dengan kemungkinan serangan malware di HP Anda. Selamat mencoba! [NC/HBS]

Related Articles

2 COMMENTS

  1. […] {Also Read: How to Get Rid of Malware on Android Phones, Most Effective!} […]

  2. […] {Also read: How to Get Rid of Malware on Android Phones, Most Effective!} […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0