telset

Aplikasi Twitch Diretas, 128 GB Data Rahasia Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta – Twitch memberikan kabar mengejutkan ke publik. Aplikasi streaming video untuk para gamer tersebut mengaku menjadi korban peretasan, dan banyak data rahasia yang bocor ke publik. 

Kabar peretasan diumumkan Twitch melalui akun Twitter resminya pada Rabu (6/10/2021), kemarin. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menjelaskan bahwa mereka menjadi korban peretasan dan tim sedang melakukan upaya perbaikan. 

Baca juga: Twitch Digugat Rp 350 Miliar 

“Kami dapat mengkonfirmasi pelanggaran telah terjadi. Tim kami bekerja dengan urgensi untuk memahami sejauh mana hal ini. Kami akan memperbarui komunitas segera setelah informasi tambahan tersedia. Terima kasih telah menemani kami,” cuitnya. 

Sebenarnya peretasan Twitch pertama kali diketahui di media sosial 4Chan. Awalnya ada satu akun anonim tersebut mengaku  memiliki data rahasia perusahaan Twitch. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung yakni mencapai 128 GB.

Akun tersebut sengaja mencuri data Twitch demi menciptakan gangguan di industri streaming video game online.

Daftar Data Twitch yang Bocor 

Twitch Diretas Data Bocor
ilustrasi hacker

Ketika dicek ternyata data yang bocor benar milik Twitch dan data yang bocor sifatnya sangat rahasia. Ada beberapa jenis data yang bocor seperti produk Amazon Game Studios yang belum dirilis, serta pembayaran untuk konten kreator Twitch. Berikut ini daftarnya lengkapnya: 

Baca juga: Tidak Ada Kebocoran Data Saat Facebook Down

  • Detail selama 3 tahun terkait pembayaran kreator di Twitch.
  • Source code untuk klien Twitch konsol seluler, desktop, dan video game.
  • Kode yang terkait dengan SDK eksklusif dan layanan AWS internal yang digunakan oleh Twitch.
  • Produk Amazon Game Studios yang belum dirilis. 
  • Data tentang IGDB dan CurseForge.
  • Alat keamanan internal Twitch.

Penyebab Kebocoran Data Twitch

Twitch Diretas Data Bocor
Twitch

Dalam investigasi yang dilakukan, Twitch menemukan penyebab kebocoran data. Dilansir Telset dari blog resmi Twitch pada Kamis (7/10/2021), ternyata penyebab kebocoran data karena kesalahan dalam proses konfigurasi server. 

“Kami telah mengetahui bahwa beberapa data terpapar ke internet karena kesalahan dalam perubahan konfigurasi server Twitch yang kemudian diakses oleh pihak ketiga yang jahat. Tim kami bekerja dengan urgensi untuk menyelidiki insiden tersebut,” tulis Twitch. 

Sampai saat ini Twitch belum menemukan adanya kebocoran data terkait kredensial login, dan nomor kartu kredit. Oleh karenanya kedua item tersebut sampai saat ini masih terjaga kerahasiaannya. 

Baca juga: 750 GB Data EA Dijual Bebas di Internet

“Saat ini, kami tidak memiliki indikasi bahwa kredensial login telah diekspos. Kami terus menyelidiki. Selain itu, nomor kartu kredit lengkap tidak disimpan oleh Twitch, sehingga nomor kartu kredit lengkap tidak terekspos,” tambahnya. 

Twitch juga meminta agar pengguna segera mengganti password mereka, demi mencegah kebocoran data yang semakin meluas. 

“Sampai kami memahami sejauh mana pelanggaran ini, kami sarankan untuk mengubah kata sandi Twitch Anda dan mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA), jika Anda belum melakukannya,” kata pihak Twitch. (NM/HBS) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0