Android 14 Developer Preview Dirilis, Sistem Keamanan Diperkuat

Telset.id, Jakarta – Google merilis Android 14 developer preview pertama di awal bulan ini. Peluncuran OS terbaru ini juga memperlihatkan kalau logo baru Android 14 ternyata  mirip seperti logo NASA. Lantas, pembaruan apa saja yang dihadirkan Google?

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Jumat (10/02/2023), logo Android 14 berbentuk lingkaran dengan perpaduan warna oranye, putih, hijau dan biru tua.

Warna biru tua sangat mendominasi serta adanya gambar putih setengah lingkaran, membuatnya sekilas mirip dengan logo Badan Antariksa Amerika Serikat itu.

BACA JUGA:

Android 14 Preview Developer
Logo Android 14

Terlepas dari logonya yang mirip NASA, Android 14 developer preview edisi pertama ini akan berfokus pada pengoptimalan pemrosesan latar belakang. Tujuannya untuk memastikan konsumsi sumber daya yang optimal dan masa pakai baterai yang lebih baik.

Sistem operasi mobile terbaru ini juga dibuat dengan mempertimbangkan perangkat tablet dan perangkat lipat, mengingat semakin banyak vendor yang mengembangkan perangkat dengan desain layar lipat.

“Android 14 membangun pekerjaan yang dilakukan di Android 12L dan Android 13 untuk mendukung tablet dan faktor bentuk yang dapat dilipat,” tulis Google.

Sistem Keamanan Diperkuat

Google mengatakan keamanan Android versi 14 lebih diperkuat. OS ini mampu memblokir penginstalan atau pengalihan aplikasi Android lama, yang sebelumnya sudah diunduh kala smartphone masih berjalan di Android 13 atau OS Android yang lebih lama.

Google juga menghadirkan banyak peningkatan sistem keamanan, seperti di bagian penerima run time dan pemuatan kode dinamis untuk mencegah kemungkinan injeksi kode.

Android 14 juga menghadirkan fitur aksesibilitas yang dijuluki penskalaan font non-linier atau dubbed non-linear font scaling. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menskalakan font teks sistem hingga 200%. OS ini juga akan menerapkan penskalaan khusus untuk item teks sub-menu yang lebih kecil.

Fitur Android 14

BACA JUGA:

Android 14 developer preview juga akan menawarkan opsi personalisasi baru yang merupakan pengembangan dari fitur Material You, yang sudah diperkenalkan di Android 12.

Google akan terus meluncurkan Android 14 developer preview setiap bulan hingga Juli 2023, dan diprediksi Android 14 akan dirilis ke pengguna sekitar Agustus atau September 2023.

Sementara untuk Android 14 developer preview pertama ini, hanya tersedia di beberapa smartphone saja yakni Pixel 7 Pro, Pixel 7, Pixel 6a, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel 5a 5G, Pixel 5 dan Pixel 4a 5G. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI