Fitur Baru Android 14, Tanggal Rilis, dan Perangkat Kompatibel

Telset.id, Jakarta  – Fitur baru bakal hadir di Android 14. Penerus Android 13 tersebut saat ini sedang menjalani pengujian internal dan segera rilis ke pengguna.

Fitur baru Android termasuk koneksi satelit yang sudah ada di seri iPhone 14. Pertanyaannya, ponsel apa yang akan pertama menerima pembaruan Android 14?

Smartphone, tablet, dan perangkat apa saja yang akan menerima Android 14 belum diketahui. Tapi, beberapa ponsel Pixel akan menerima update sesuai jadwal.

BACA JUGA:

Berikut daftar smartphone Google Pixel yang untuk kali pertama mendapatkan pembaruan Android 14, seperti Telset kutip dari Gizchina, Jumat (6/1/2023).

  • Google Pixel 4a
  • Google Pixel 5
  • Google Pixel 5a
  • Google Pixel 6
  • Google Pixel 6 Pro
  • Google Pixel 6a
  • Google Pixel 7
  • Google Pixel 7 Pro

Kapan Android 14 akan tersedia?

Saat ini belum ada versi beta maupun versi terbuka dari sistem operasi tersebut untuk pengembang. Sebab, Android 14 sekarang masih dalam pengembangan.

Namun, berdasarkan strategi Google terkait sistem, peningkatan eksperimental untuk Google Pixel 5 dan yang lebih baru akan dimulai pada Februari 2023 nanti.

Android 14 versi beta akan rilis pada Mei 2023. Versi finalnya baru akan rilis akhir musim panas, yang kemungkinan besar jatuh pada September 2023 mendatang.

Cara memperbarui ke Android 14

Setiap pabrikan akan menerbitkan garis waktu untuk pembaruan perangkat ke Android 14 sekaligus metode untuk melakukannya. Cara melakukannya mudah.

Secara umum, notifikasi pembaruan harus muncul setelah perangkat seluler mendukung Android 14. Setelahnya, lakukan pencarian manual via pengaturan sistem.

Untuk sementara baru ada beberapa bocoran mengenai fitur-fitur baru di sistem operasi Android 14. Android 14 tidak akan mengalamai perubahan secara signifikan.

Tampilan dan konfigurasi Android 14 tidak jauh berbeda ketimbang Android 13. Update Android 14 akan mengembalikan satu gerakan navigasi yang pernah ada.

Gerakan itu adalah melihat pratinjau layar sebelumnya saat kembali dari tepi layar. Android 14 akan memberi dukungan open source dan codec AV1 secara gratis.

Koneksi satelit, yang diperkenalkan oleh Apple di  iPhone 14, akan tersedia di Android 14 sehingga pabrikan bisa mengintegrasikannya ke perangkat kompatibel.

Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna perangkat Android untuk melakukan komunikasi tanpa jangkauan jaringan seluler atau ketersediaan koneksi WiFi.

BACA JUGA: Android 14 Bakal Tambahkan Dukungan Konektivitas Satelit?

Ada pula Health Connect, yang memiliki cara kerja mirip HealthKit Apple dengan bertindak sebagai perantara antara berbagai aplikasi kesehatan dan kebugaran.

Health Connect saat ini merupakan perangkat lunak beta gratis yang dapat diunduh dari Google Play Store. Integrasi ke Android adalah tujuan jangka panjang Google.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0