Kok Bisa Ada Internet Dalam Pesawat di Ketinggian 35.000 Kaki?

Telset.id, Jakarta – Berselancar di internet atau menonton streaming video di dalam pesawat dengan akses WiFi yang terbang di ketinggian 35.000 kaki? Lho, kok bisa? Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengenai hal tersebut, bukan?

Melakukan perjalanan dengan pesawat memang menjemukan. Selain minim hiburan, juga karena terputusnya akses dengan “dunia luar”, karena tidak ada sinyal seluar dan internet.

Tidak heran jika di era digital seperti sekarang, banyak orang yang berharap bisa menikmati layanan internet saat berada di ketinggian udara. Bayangkan, saat di dalam pesawat, Anda bisa browsing, nonton YouTube, Netflix, mengirim email, chatting, dll.

Pertanyaannya, apakah ada jaringan internet di ketinggian 35.000 kaki? Kabar bagusnya, bisa! Lho, kok bisa? Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa ada akses Internet di dalam pesawat yang sedang mengudara di ribuan kaki?

Sebenarnya Internet dalam pesawat ketika terbang bukanlah hal baru. Tapi mungkin Anda yang belum mengetahuinya. Saat ini, banyak maskapai penerbangan yang sudah menyediakan akses internet melalui koneksi WiFi.

Delta dan United masing-masing menggelar lebih dari 1,5 juta sesi WiFi dalam penerbangan sebulan, sementara maskapai JetBlue mengatakan layanan internetnya digunakan oleh “jutaan pelanggannya” setiap tahun.

Alaska Airlines memperkirakan bahwa sekitar 35 persen penumpang memakai layanan WiFi onboard USD 8 atau Rp 119 ribu untuk browsing dan streaming.

Sebagian besar maskapai penerbangan akan mengizinkan aplikasi perpesanan tertentu secara gratis dan akses internet penuh dengan harga premium. Delta mengenakan biaya hampir USD 50 atau Rp 744 ribu untuk tiket bulanan penerbangan AS. Delta berencana untuk beralih ke USD 5 per penerbangan.

Dengan pasar yang diperkirakan sekitar USD 5 miliar dan diproyeksi tumbuh menjadi lebih dari USD 12 miliar pada 2030, ada banyak ruang untuk perbaikan memberikan layanan Internet di pesawat.

Asal tahu saja, layanan Internet didalam pesawat telah ada hampir dua dekade. Produsen pesawat Boeing mengumumkan layanan yang dikenal sebagai Connexion pada April 2000.

Layanan itu memulai debut dalam penerbangan Munich-Los Angeles Lufthansa pada 2004. Boeing menghentikan layanan dua tahun berselang atau 2006. Alasannya, pasar tak sesuai yang diharapkan. Namun, kehadiran smartphone dan upaya penyedia satelit membantu teknologi berkembang secara signifikan.

BACA JUGA:

Kok bisa ada Internet dalam Pesawat?

Wifi Internet di Pesawat

Ada dua jenis utama koneksi Internet dalam penerbangan. Pertama, dikenal sebagai air-to-ground atau ATG. Kedua, akses internet bisa dihadirkan di dalam pesawat dengan cara menggunakan jaringan satelit.

Proses kerja ATG bergantung kepada antena yang terpasang di pesawat. Antena berfungsi untuk menangkap sinyal dari menara BTS (Base Transceiver Station) yang memancarkan sinyal di darat. Proses kerjanya sama dengan ponsel yang sering kita gunakan.

Intelsat merupakan salah satu provider yang telah meluncurkan layanan air-to-ground dengan American Airlines pada 2008. Saat ini, Intelsat mengoperasikan versi teknologi tersebut di lebih dari 1.000 pesawat di seluruh Amerika Utara.

Namun, ada satu kelemahan dari teknologi ATG, seperti layanan telepon seluler di darat, teknologi ini bergantung kepada kepadatan dan konektivitas menara BTS. Artinya, pengguna akan mendapati jaringan internet yang tidak stabil.

Di saat pesawat mengudara di daerah pedesaan, gurun, atau sungai/ laut yang luas, kemungkinan akan mengalami penurunan konektivitas, karena melewati daerah padat penduduk, atau sebaliknya karena tidak ada menara BTS.

Untuk diketahui, saat ini kecepatan maksimum untuk sistem tersebut sekitar 5 megabit per detik. Kecepatan itu bahkan digunakan bersama-sama oleh ratusan penumpang.

Sebagai perbandingan, kecepatan unduhan global rata-rata mobile dan fixed broadband masing-masing sekitar 30 megabit per detik dan 67 megabit per detik.

“Sampai saat ini, masalah terbesar adalah kecepatan, ketersediaan terbatas, kesenjangan dalam cakupan,” kata Andrew Zignani, Direktur firma riset ABI Research.

Itulah sebabnya, sekarang semakin banyak maskapai dan penyedia layanan internet yang beralih ke koneksi berbasis satelit, yang relatif kurang rentan terhadap gangguan. Teknologi satelit dinilai lebih efektif menjaga sinyal tetap aktif saat bergerak di udara.

Seperti Telset kutip dari CNN, Intelsat saat ini memiliki jaringan lebih dari 50 satelit yang melayani maskapai penerbangan, seperti Alaska, American, Delta, United, hingga Air Canada.

“Seiring penyegaran armada jet regional, kami mengharapkan mayoritas untuk bermigrasi ke solusi berbasis satelit,” kata Jeff Sare, Presiden Penerbangan Komersial Intelsat.

Selain Intelsat, ada juga pemain lainnya, Viasat, yang layanannya digunakan oleh beberapa maskapai penerbangan di seluruh dunia. Viasat juga menggunakan jaringan satelit dengan konektivitas berkecepatan tinggi.

Perusahaan ini memulai layanannya dengan maskapai JetBlue pada tahun 2013, dan sekarang sudah melayani lebih dari selusin maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Viasat saat ini bahkan diklaim sudah menawarkan koneksi satelit dengan kecepatan sekitar 100 megabit per detik per pesawat, atau sekitar 15 megabit per detik per perangkat penumpang, jauh dari kecepatan WiFi terestrial.

Saat ini banyak maskapai penerbangan menggunakan kombinasi penyedia WiFi dan jenis teknologi satelit, tergantung pada jenis pesawat dan rute yang mereka butuhkan untuk digunakan.

Pemain baru seperti Starlink, layanan internet satelit yang dijalankan oleh SpaceX, perusahaan luar angkasa milik miliarder Elon Musk, juga ikut terlibat dalam persaingan.

Awal tahun ini, SpaceX mengumumkan kemitraan dengan Hawaiian Airlines untuk menyediakan internet berkecepatan tinggi melalui jaringan satelit orbit rendah milik Starlink.

“Beberapa dari solusi ini juga mengadopsi pendekatan hybrid, menggabungkan yang terbaik dari kedua teknologi untuk memastikan cakupan yang optimal tergantung pada jalur penerbangan tertentu,” kata Zignani.

“Saya percaya kita akan melihat peluang untuk semua teknologi di tahun-tahun mendatang, dan kemitraan baru-baru ini menunjukkan bahwa setiap teknologi akan memiliki bagiannya sendiri untuk dimainkan,” tambahnya.

BACA JUGA:

Tantangan dan peluang

Satelit Starlink Kominfo Wifi Internet di Pesawat
Ilustrasi jaringan satelit Starlink SpaceX

Masih ada celah yang cukup besar antara kualitas WiFi di dalam pesawat dengan jaringan Internet yang biada Anda gunakan di rumah, kantor, kedai kopi, atau di mana pun saat berada di darat.

Saat ini sebagian besar koneksi WiFi maskapai penerbangan hanya bisa mendukung fungsi perpesanan singkat atau chatting dan media sosial saja. Memang ada beberapa maskapai ada yang sudah menawarkan Internet dengan kemampuan streaming TV dan video.

Meski begitu, para maskapai tersebut masih belum bisa menyediakan akses Internet kepada penggunanya dengan tingkat bandwidth dan kecepatan konektivitas yang sama dengan yang ada di darat. Ini merupakan tantangan bagi para maskapai dan provider.

“Titik perbedaan terbesar untuk WiFi dalam penerbangan adalah kompleksitas yang ditambahkan oleh elemen mobilitas,” Don Buchman, wakil presiden dan manajer umum untuk penerbangan komersial di Viasat.

“Pesawat terbang dengan kecepatan tinggi, biasanya berbelok selama penerbangan, dan sering terbang melintasi wilayah geografis yang luas yang menuntut jangkauan yang konsisten untuk pengalaman konektivitas dalam penerbangan berkualitas tinggi,” sambungnya.

Dan sementara satelit memecahkan beberapa batasan yang dihadapi menara BTS, memperluas jaringan satelit untuk memenuhi permintaan yang meningkat tidak selalu mudah.

Seperti yang dikatakan Sare dari Intelsat: “Jauh lebih cepat dan lebih murah untuk menyebarkan menara seluler BTS baru, daripada meluncurkan satelit dengan roket”.

Dalam survei yang dilakukan Intelsat tahun lalu terhadap maskapai penerbangan, penyedia layanan, dan produsen peralatan, 65% responden mengatakan mereka mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang yang berharap terhubung saat terbang.

Dua hambatan terbesar untuk meningkatkan adopsi WiFi dalam pesawat, menurut survei, adalah harga layanan yang tinggi dan “koneksi internet yang buruk.”

Perusahaan seperti Viasat, Intelsat, dan Starlink terus memperluas kapasitas itu, namun, meluncurkan lebih banyak satelit setiap tahun untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan akan layanan mereka.

Kapasitas tambahan itu tidak hanya akan meningkatkan pengalaman online bagi pengguna, tetapi juga berpotensi memberi maskapai lebih banyak jalan untuk memonetisasi dan menurunkan harga.

“Salah satu contohnya adalah WiFi dalam penerbangan yang disponsori iklan sehingga penumpang dapat mengakses WiFi secara gratis dan menggunakannya sesuka mereka,” kata Buchman.

Dia menambahkan bahwa Viasat juga sedang menjajaki cara untuk menggunakan layanan konektivitasnya untuk membantu maskapai penerbangan dengan fungsi seperti manajemen kru dan pesawat. pemeliharaan.

Prioritas terbesar, menurut Sare dari Intelsat, adalah mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mewujudkan kemajuan teknologi tersebut, dan dia memperkirakan lebih banyak kemitraan antara perusahaan untuk membantu memajukan standar industri.

“Visi kami tercapai ketika penumpang tidak dapat membedakan antara terhubung di darat dan di udara,” ujarnya. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI