telset

Naik Pesawat AirAsia Kini Bisa Internetan

Telset.id, Jakarta – AirAsia Indonesia hari ini secara resmi meluncurkan layanan WiFi dan inflight entertainment dalam penerbangannya berbiaya hemat yang pertama di Indonesia. Layanan WiFi dan inflight entertainment AirAsia yang diberi nama Rokki ini memungkinkan penumpang bisa internetan selama perjalanan di dalam pesawat AirAsia.

Layanan Rokki kini telah tersedia untuk sejumlah penerbangan domestik maupun internasional yang dilayani oleh AirAsia Indonesia. Untuk menggelar layanan ini, AirAsia menggandeng operator seluler Indosat Ooredoo.

CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan, mengatakan, bahwa sebagai maskapai berbiaya hemat harus selalu beradaptasi pada tuntutan kebutuhan pasar yang terus berkembang, termasuk kebutuhan layanan Internet di dalam pesawat.

“Layanan Rokki dapat diakses langsung pada ponsel masing-masing penumpang, dan memungkinkan mereka bisa tetap terhubung di mana pun dan kapan pun,”ucap Dendy di acara peluncuran layanan Rokki di Jakarta, Jumat (10/11/2017)

Untuk menggunakan layanan Rokki, penumpang cukup mengaktifkan fitur WiFi setelah lebih dulu mematikan jaringan mobile datanya, kemudian menghubungkannya ke WiFi AirAsia-ROKKI.

Jika telah terhubung, penumpang bisa mengakses internet seperti biasa di darat, dan bisa mengakses layanan pesan instan, menonton film, streaming musik, dll. Sayangnya, untuk menikmati layanan WiFi ini tidak gratis.

Ya, untuk menikmati jaringan WiFi di pesawat AirAsia, penumpang harus merogoh koceknya terlebih dahulu. Berapa biayanya? Layanan WiFi Rokki tersedia dalam dua pilihan paket, yaitu Paket Chat seharga Rp 30.000 untuk kapasitas 3MB, dan Paket Internet dengan harga Rp 60.000 berkapasitas 10MB.

(Foto: Maulia Salamuddin/ Telset.id)

Itupun penunpang tidak sepenuhnya bisa mengakses semua layanan. Untuk Paket Chat misalnya, penumpang hanya bisa mengakses WhatsApp, WeChat, Line, KakaoTalk, dan Viber. Sementara Paket Internet hanya bisa mengakses keperluan internet ringan, tidak termasuk streaming video dan download aplikasi.

“Layanan ROKKI tersedia atas dukungan penuh dari Indosat Ooredoo selaku mitra kami dalam penyediaan jasa layanan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Indosat Ooredoo atas kerja samanya sehingga kami dapat terus meningkatkan kualitas layanan perjalanan udara yang kami tawarkan,” ujar Dendy.

“Saat ini metode pembayarannya masih pakai uang tunai, karena paketnya dijual pakai voucher. Kami sedang mengembangkan cara pembayaran lewat kartu kredit,” terang Commercial Director AirAsia Indonesia Rifai Taberi

Sementara itu Director & Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, Herfini Haryono, mengatakan, pihaknya sangat bangga dapat menjadi mitra AirAsia Indonesia dalam memberikan layanan WiFi inflight entertainment di dalam penerbangannya.

“Kami akan selalu siap mendukung Digital Journey AirAsia dengan solusi-solusi ICT terbaik yang kita miliki,” pungkas Herfini.

Fasilitas WiFi AirAsia Indonesia saat ini sudah terdapat pada pesawat dengan kode PK-AXV untuk melayani penerbangan ke berbagai rute domestik maupun internasional, antara lain Bali, Yogyakarta, Surabaya, maupun Kuala Lumpur, Bangkok, Singapura, dan Makau. [MS/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0