SpaceX Mulai Jualan Internet Starlink, Ada “Harga Promo”

Elon Musk Mars

Telset.id, Jakarta – SpaceX akhirnya mengungkap harga langganan Internet Starlink. Perusahaan luar angkasa milik Elon Musk itu mulai menjajakan layanan Internet mereka dari dengan harga promo. Berminat?

SpaceX sejak beberapa tahun terakhir meluncurkan ratusan satelit guna merealisasikan misi penyediaan koneksi internet secara global berkecepatan tinggi dengan nama Starlink.

Kini, SpaceX mulai menawarkan langganan Starlink beta dengan harga promo senilai USD99 atau lebih kurang Rp 1,4 juta. Setiap pemasangan peralatan pendukung akan dikenai biaya USD499 atau sekitar Rp7,4 juta.

Dengan kata lain, menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset, pengguna yang mendaftar Starlink beta membayar total USD578 atau sekitar Rp8,5 juta untuk seluruh pemasangan.

{Baca juga: SpaceX Luncurkan 60 Satelit Starlink untuk Internet Super Cepat}

SpaceX memang belum secara resmi mengumumkan atau mengonfirmasi harga paket internet Starlink. Namun, perusahaan milik Elon Musk ini mulai mengirimkan undangan uji beta kepada mereka yang tinggal di beberapa negara bagian.

Starlink sendiri sebenarnya bukanlah yang pertama mencoba menggunakan satelit untuk menawarkan konektivitas internet berkecepatan cepat. Perusahaan lain seperti ViaSat menawarkan layanan serupa dengan harga USD170.

Sebagai perbandingan, harga langganan Starlink sebesar Rp1,45 juta tidaklah terlalu mahal. Sebab, SpaceX menjanjikan kualitas koneksi internet super cepat, terutama untuk mengunduh film berdurasi penuh.

Kendati demikian, apa yang ditawarkan oleh SpaceX sepertinya tidak akan berlaku bagi orang-orang yang bermukim di pedesaan. Betapa tidak, mengeluarkan uang Rp1,45 juta per bulan bagi mereka yang tinggal di pedesaan tidaklah sebanding dengan kebutuhan.

{Baca juga: Satelit Starlink SpaceX Sempat Dikira UFO}

Bicara tentang Starlink, belum lama ini mereka yang tinggal di Inggris sempat dibuat bingung sekaligus kagum ketika melihat satelit besutan SpaceX menerangi langit malam. Mereka mengira itu adalah UFO.

Warga menyaksikan heran ketika jejak cahaya melintas di langit sekitar pukul 21.20. Mereka menulis di media sosial untuk berspekulasi apakah garis-garis itu adalah hujan meteor atau UFO.

Seorang fotografer amatir James Newman berhasil mengabadikan momen luar biasa ini dari sebuah taman. “Ada pertunjukan spektakuler di langit malam. Sekelompok satelit Starlink melintas di atas,” ujarnya. [SN/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here