6 Cara Ampuh Hindari Serangan Siber, Sektor Kritikal Wajib Tahu!

Telset.id, Jakarta – Maraknya ancaman siber, baik yang menyasar level individu maupun sektor kritikal menjadi isi tersendiri akhir-akhir ini. Terbaru, pemberitaan terkait dugaan kebocoran ratusan juta data yang didalamnya berisikan informasi rahasia dan konfidensial bahkan bermunculan. Berikut ini beberapa cara ampuh hindari serangan siber ala Kaspersky.

Insiden kebocoran data yang menyasar baik dari sisi individual maupun enterprise sebenarnya telah diprediksi sebelumnya. Terlebih penggunaan internet saat ini telah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang. Namun, ada kabar baik terkait hal itu, dimana ancaman siber dilaporkan menurun dibanding tahun sebelumnya.

Kaspersky telah merilis statistik ancaman siber terbaru untuk Indonesia pada kuartal kedua (Q2) tahun ini. Dari data yang ada,  ditunjukkan bahwa terjadi penurunan hingga 30% atas upaya serangan siber pada pengguna internet Indonesia dari periode April hingga Juni tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

BACA JUGA:

Berikut temuan lain dari laporan Kaspersky Security Network (KSN) untuk Q2 2023 di Indonesia.

Menurut laporan Kaspersky terbaru, sebanyak 7.729.320 deteksi ancaman online berhasil diblokir selama periode April hingga Juni tahun ini. Ini adalah penurunan 30% dibandingkan dengan 11.083.474 deteksi pada periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, ini juga sedikit meningkat (1%) dibandingkan periode Januari hingga Maret (Q1) tahun ini dengan 7.651.841 deteksi ancaman online. Secara keseluruhan, 21,7% pengguna telah menjadi sasaran ancaman online selama periode Q2 2023.

Hal itu sekaligus menempatkan Indonesia di peringkat ke-96 dunia dalam hal bahaya yang terkait dengan penjelajahan web.

Penggunaan statistik infeksi lokal untuk komputer pengguna merupakan indikator yang sangat penting. Cacing (worms) dan virus file bertanggung jawab atas sebagian besar insiden tersebut. Data ini menunjukkan seberapa sering pengguna diserang oleh penyebaran malware melalui drive USB yang dapat dilepas, CD dan DVD, dan metode “offline” lainnya.

Secara umum, seperti diungkapkan Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, sebanyak 28,3% pengguna di Indonesia menjadi sasaran ancaman lokal pada periode April hingga Juni 2023.

Produk Kaspersky mendeteksi sebanyak 13.015.667 insiden lokal pada komputer partisipan KSN di Indonesia. Angka ini menurun 3,83% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 13.533.656 deteksi. Data ini juga menempatkan Indonesia di posisi ke-66 secara global.

“Meskipun statistik kami menunjukkan bahwa secara umum terjadi penurunan ancaman online dan lokal domestik, jumlah pendeteksian masih relatif tinggi. Populasi Indonesia dan penetrasi internetnya yang tinggi berarti terdapat lebih banyak data dan informasi sensitif yang menarik bagi para penjahat siber. Kami mendesak semua pengguna – baik perusahaan maupun individu – untuk bertindak dalam membangun pertahanan keamanan siber seiring banyaknya data dan aset pribadi mereka yang dilibatkan dalam seluruh aktivitas digital,” katanya.

Cara Ampuh Hindari Serangan Siber

Yeo pun membagikan tips bagi para pengguna internet untuk terhindar dari serangan online, berikut ini 6 diantaranya:

1. Hati-hati dengan tautan

Periksa setiap tautan dengan saksama sebelum mengunjungi situs, terutama jika ada kesalahan eja atau penyimpangan lainnya.

2. Verifikasi Email

Jangan percayai email dari pengirim yang tidak dikenal hingga Anda dapat memverifikasi keasliannya.

3. Jangan sembarang instal Aplikasi

Jangan menginstal aplikasi dari sumber tidak tepercaya, meskipun aplikasi tersebut diiklankan secara aktif, dan blokir penginstalan program dari sumber tidak dikenal di pengaturan ponsel Anda

4. Hati-hati Aksesibilitas ke Aplikasi

Jangan berikan izin aksesibilitas ke aplikasi apa pun yang memintanya – sangat sedikit program yang benar-benar membutuhkan kuasa atas hal ini.

5. Pastikan Keamanan Jaringan

Gunakan jaringan yang aman, terutama saat Anda mengunjungi situs web sensitif. Sebagai tindakan pencegahan minimum, jangan gunakan Wi-Fi publik atau tidak dikenal tanpa perlindungan kata sandi.

BACA JUGA:

Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi lalu lintas Anda. Selalu ingat: jika Anda menggunakan koneksi yang tidak aman, penjahat siber dapat secara diam-diam mengalihkan Anda ke halaman phishing.

6. Gunakan Anti Malware

Selalu jalankan sistem dengan program anti-malware terbaru dan berkualitas seperti Kaspersky Premium. Solusi canggih Kaspersky akan membantu menyelesaikan sebagian besar masalah secara otomatis dan memperingatkan Anda jika ada ancaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI