Instagram Hapus Akun Penjualan Bayi di Surabaya

Telset.id, JakartaInstagram menghapus akun dengan 700  followers yang diketahui disalahgunakan sebagai akun penjualan bayi di Surabaya, Jawa Timur. Akun tersebut mengunggah foto seorang ibu hamil dan bayi dengan wajah diburamkan.

Dilaporkan Reuters, dikutip Telset.id pada Jumat (19/10/2018), sang pemilik akun menggunakan dalih menawarkan jasa adopsi anak bagi ibu yang hamil di luar nikah.

Namun, kepolisian mengatakan ada bukti transaksi jual beli sehingga tergolong pidana.

Menyikapi kasus itu, Instagram secara tegas menyatakan tidak akan pernah memberi ruang toleransi terhadap aksi eksploitasi anak. Instagram pun berencana meningkatkan kemampuan sistem peninjauan ulang konten yang diunggah oleh para pengguna.

“Kebijakan kami sangat jelas, yakni melarang orang-orang terlibat dalam kegiatan bersifat kriminal. Kami bakal tegas terhadap semua upaya yang membahayakan platform, termasuk penjualan manusia,” kata jurubicara Instagram melalui pernyataan resminya.

Terkait persoalan ini, pihak kepolisian memastikan telah menangkap dan memeriksa secara intensif keempat orang yang berkaitan dengan akun jual beli bayi tersebut. Kepolisian juga akan mengembangkan kasus tersebut guna menjajaki kemungkinan adanya jaringan lainnya.

Akhir-akhir ini, Instagram memang meningkatkan pengawasan terhadap konten pengguna. Sebelumnya, Instagram mengerahkan teknologi kecerdasan buatan untuk memberantas komentar bersifat bullying yang muncul di foto maupun caption foto.

Nantinya, unggahan yang bernada bully akan dikirimkan ke tim operasional komunitas Instagram untuk ditinjau lebih lanjut. Jika terbukti merupakan konten bullying, komentar maupun caption foto di Instagram bakal dihapus sehingga tak menimbulkan polemik. (SN/FHP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0