Ini Bukti iPhone di 2018 Gunakan Face ID?

iPhone 2018

Telset.id, Jakarta – Apple nampaknya akan menjadikan Face ID sebagai sistem keamanan utama iPhone. Raksasa dari Cupertino itu benar-benar akan menggantikan posisi Touch ID sebagai sistem keamanan iPhone di tahun depan.

Dugaan ini diperkuat dengan adanya kabar bahwa salah satu pemasok komponen VCSEL atau Vertical Cavity Surface Emitting Laser bagi Apple, Finisar telah membeli pabrik baru seluas 65.032,128 meter persegi di Sherman, Texas, Amerika Serikat.

VCSEL sendiri merupakan komponen yang memberikan tenaga untuk komponen TrueDepth Camera yang juga berpengaruh pada Face ID bagi iPhone X.

Menurut analis dari Loop Ventures, Gene Munster, pembelian pabrik baru tersebut otomatis akan membuat Finisar dapat meningkatkan produksi komponen ini demi memfasilitasi hadirnya fitur Face ID untuk iPhone 2018 nantinya.

[Baca juga: Penerus iPhone X akan Pakai Touch ID atau Face ID?]

Selain untuk iPhone 2018, peningkatan produksi VCSEL dari Finisar pun akan membantu Apple untuk terus meningkatkan produksi iPhone X agar bisa memenuhi permintaan smartphone tersebut yang terus bertambah.

Seperti dilansir dari Apple Insider, Apple hingga saat ini masih kesulitan mendapatkan pasokan yang cukup untuk komponen TrueDepth Camera. Jika benar Finisar membeli pabrik baru demi diterapkannya Face ID untuk seri iPhone terbaru nantinya, maka masalah yang dihadapi Apple bisa teratasi.

Kabar ini juga senada dengan apa yang diucapkan analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu. Ia menyatakan adanya kemungkinan Touch ID digantikan oleh Face ID nantinya.

[Baca juga: Tak Hanya iPhone X, Face ID Juga Ada di iPad Pro?]

“Pertanyaan utama yang ada di benak banyak investor adalah apakah model iPhone baru yang akan diluncurkan pada 2018 akan mendukung Touch ID? Kami percaya ada faktor kunci, yakni apakah Face ID dari iPhone X memberikan pengalaman positif bagi pengguna,” jelasnya.

Selain iPhone 2018, Kuo juga menyebutkan jika teknologi serupa juga akan disematkan Apple untuk jajaran iPad Pro yang akan dirilis di kuartal pertama tahun 2018 mendatang. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here