Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

Telset.id – Layar dengan bentang ukuran yang besar serta menggunakan format aspek rasio 18:9 sudah mulai banyak diadopsi oleh berbagai merk smartphone. Layar dengan format aspek rasio 18:9 disebut-sebut akan menjadi tren di tahun depan, karena memiliki beberapa keunggulan.

Smartphone dengan format aspek rasio 18:9 semakin digemari, karena dengan ukuran bentang layar sebesar itu, penggunanya mampu melihat berbagai konten dengan maksimal. Seperti bermain game, menonton YouTube, dan lainnya.

Namun ada beberapa kekurangan dari layar aspek rasio 18:9. Salah satunya adalah tidak semua aplikasi mendukung aspek rasio sebesar itu, sehingga tampilan konten masih dimuat pada format 16:9. Masalah lainnya adalah munculnya tombol virtual di layar utama yang malah “mengganggu” kepuasan kita saat menatap layar smartphone secara penuh.

Salah satu pabrikan yang merilis smartphone dengan aspek rasio 18:9 adalah Oppo, lewat produk terbarunya Oppo F5. Smartphone ini dibekali layar berukuran 6 inch berjenis LTPS IPS dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2160 piksel).

Pengguna Oppo F5 atau smartphone lainnya yang memiliki layar dengan aspek rasio 18:9 memang harus memperhatikan beberapa hal jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dengan layar berukuran tersebut.

{Baca Juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Perekam Layar Android Tanpa Watermark}

Well, untuk itu tim Telset.id kali ini akan memberikan tips untuk memaksimalkan layar smartphone rasio 18:9. Ada dua cara yang akan kami berikan untuk Anda coba. Check this out!!

Catatan: Unit yang kami gunakan adalah Oppo F5.

Hilangkan Tombol Virtual

Menghilangkan tombol virtual pada smartphone yang minim bezel seperti pada Oppo F5 bisa dibilang membuat pengalaman pengguna saat menatap layar berukuran besar menjadi lebih maksimal tanpa terganggu adanya tombol virtual di bagian bawah layar. Berikut caranya:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke bagian Settings.
  • Kemudian, scroll ke bagian bawah hingga Anda menemukan tombol Additional Settings.

Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

  • Setelah itu, pilih tombol Navigation Keys.

Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

{Baca Juga: 10 Smartphone dengan Layar QHD Plus, Tampilannya Dijamin Jernih!}

  • Jika sudah, sekarang pilih Navigation Gestures. Setelah diaktifkan, Anda pun akan melihat cara menggunakan fitur ini. Seperti swipe layar bagian kanan dari bawah untuk Back. Swipe layar tengah dari bawah untuk Home, swipe layar kiri dari bawah untuk membuka Control Center, serta swipe dan tahan layar tengah dari bawah untuk Recent Apps.

  • Ketika Anda sudah mengerti cara menggunakannya, sekarang masuk ke halaman utama. Tampilannya benar-benar penuh tanpa terganggu adanya tombol virtual bukan?
  • Begini perbedaan sebelum dan setelah menghilangkan tombol virtual

Zoom Out YouTube

Cara kedua kami khususkan bagi pengguna yang senang nonton YouTube. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, hanya memerlukan dua jari tangan Anda saja agar tampilan video YouTube memenuhi layar besar aspek rasio 18:9. Begini caranya:

  • Pertama cari video yang menarik untuk Anda tonton, dan pastikan posisinya landscape.
  • Jika sudah, otomatis tampilan video akan berukuran Original atau dengan rasio standar 16:9.

Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

  • Nah untuk memperbesar tampilan video agar memenuhi rasio 18:9, kita manfaatkan fitur pinch-to-zoom dari YouTube.

Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

{Baca Juga: Cara Merekam Layar Saat Main Game di HP Android}

  • Mudah kok, zoom saja layar menggunakan dua jari Anda atau swipe ke arah luar layar sehingga tampilan video pun menjadi penuh dan ditandai dengan popup Zoomed to fill.

Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

  • Namun ada satu kekurangan dari tampilan layar yang penuh ini yakni konten video akan sedikit terpotong di sisi atas dan bawahnya. Namun kami rasa kekurangan itu tidak mempengaruhi kualitas video yang Anda tonton.

Cara Maksimalkan Layar Smartphone Rasio 18:9

Itulah beberapa cara memaksimalkan layar smartphone rasio 18:9. Semoga membantu!

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0