Waduh! Petinggi Apple Sebut Face Recognition Android “Busuk”

sistem pengenalan wajah Android

Telset.id, Jakarta – Apple mengklaim sistem keamanan berbasis wajah buatan mereka, Face ID, jauh lebih baik dibandingkan sistem keamanan serupa buatan Android. Bahkan Apple secara terang-terangan mengejek sistem pengenalan wajah Android.

Android dan iOS memang sama-sama membuat sistem keamanan pengenalan wajah di dalam sistem utamanya. Apple membuat Face ID di iOS, dan Smart Lock berbasis Face Recognition untuk Android versi minimal 7.1 Nougat.

Tapi menurut Chief Marketing Apple, Phil Schiller, sistem keamanan berbasis pengenalan wajah yang dimiliki Apple jauh lebih baik ketimbang apa yang ditawarkan Android.

“Kami menciptakan cara terbaik untuk memungkinkan pengguna membuka perangkat dengan mudah menggunakan wajah. Face ID adalah implementasi yang sangat unik,” klaim Schiller, seperti dikutip dari PhoneArena, Senin (11/12/2017).

Bahkan secara terang-terangan, Schiller memberikan tiga kata yang menjurus ke kalimat penghinaan pada sistem keamanan berbasis pengenalan wajah milik Android.

“Itu semua busuk,” ucapnya singkat menyindir sistem keamanan wajah Android.

Dijelaskannya, Face ID bisa melakukan banyak hal selain hanya sekedar membuka smartphone saja. Mirip seperti Touch ID, sistem tersebut mampu memverifikasi Apple Pay, dan membebaskan penggunanya untuk melakukan berbagai hal ketika smartphone telah terbuka.

“Mereka tidak bekerja dengan segala cara, seperti yang kami lakukan untuk Face ID agar bisa bekerja,” pungkas Schiller.

Untuk Android sendiri, saat ini memang sudah banyak merek smartphone yang menerapkan sistem keamanan berbasis pengenalan wajah di dalamnya. Sebut saja seperti Samsung, Advan, dan merk lainnya.

Namun apakah sistem mereka tak lebih baik dari Face ID-nya Apple? Mungkin jawaban yang adil adalah, semuanya tergantung kebutuhan penggunanya itu sendiri, karena sebuah review atau klaim yang diucapkan Schiller bisa dibilang merupakan “suatu keberpihakan”. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here