Indosat dan Huawei Indonesia Bangun 5G SRv6, Pertama di Asia Pasifik

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo dan Huawei Indonesia membangun jaringan transport 5G ready yang didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6). Diklaim, pembangunan dan implementasi jaringan ini pertama kali dilakukan di Asia Pasifik.

Lewat keterangan pers, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, mengatakan bahwa pelanggan Indosat saat ini terus mengandalkan konektivitas, dan sudah semestinya perusahaan mengembangkan jaringan mereka. 

Meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler serta munculnya teknologi cloud computing dan network slicing juga mengharuskan Indosat Ooredoo terus memastikan ketersediaan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

{Baca juga: Pelanggan Indosat Ooredoo Kini Bisa Nikmati Layanan VoLTE}

Untuk itu, perusahaan melakukan berbagai tahapan transformasi digital salah satunya dengan membangun jaringan berorientasi 5G atau jaringan transport 5G ready dengan teknologi SRv6 bersama Huawei Indonesia.

“Ini sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan retail dan bisnis yang semakin meningkat untuk cloud computing, layanan IoT, kebutuhan jaringan yang on-demand dan scalable,” kata Medhat. 

Sebelum melakukannya, Indosat lebih dulu melakukan analisis mendalam terhadap jaringan yang ada dan sasaran pengembangan jaringan jangka panjang untuk membangun jaringan tersebut. 

Hasilnya, Indosat Ooredoo pun memutuskan untuk menerapkan solusi IP SRv6 bersama Huawei Indonesia. Perusahaan menilai teknologi ini akan menyediakan fungsi routing cerdas yang memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latency.

Rencananya, jaringan akan digelar di area utama Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Surabaya, dan wilayah Jawa Timur lainnya serta Bali. 

Pembangunan jaringan ini diklaim sebagai implementasi pertama jaringan transport 5G ready berbasis SRv6 di Asia Pasifik.

“Kami sangat senang bermitra dengan Huawei untuk membangun infrastruktur jaringan generasi baru yang dapat diprogram dengan menghadirkan jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 pertama di Asia Pasifik,” jelas Medhat.

“Dengan ini kami berharap dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan kami untuk layanan digital terutama untuk aplikasi yang real-time dan sensitif terhadap latency,” tambahnya. 

Di kesempatan yang sama, CEO Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma, menyambut positif kolaborasi antara Indosat Ooredoo dan Huawei dalam pembangunan jaringan transport 5G ready ini.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Berikan Beasiswa untuk Pelajar Kurang Mampu}

“Huawei Indonesia telah mendukung Indosat Ooredoo selama bertahun-tahun, dan sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung Indosat Ooredoo untuk membangun jaringan transport IP berbasis SRv6 yang cerdas dan berorientasi 5G,” ujarnya. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0