Ilmuwan Berhasil Ciptakan “Mutan” dari Hibrida Babi-Monyet

Telset.id, Jakarta  – Ada pesan yang sering diberikan film-film fiksi ilmiah soal mutan. Ya, biasanya menggabungkan satu hewan dengan hewan lain hampir selalu berakhir mengerikan. Namun hal itu tidak mengendurkan niat para ilmuwan China menciptakan mutan lewat eksperimen hibrida babi-monyet.

Kisah mutan di film-film fiksi ilmiah memang sering berakhir mengerikan. Namun, tidak begitu dengan ilmuwan di China. Mereka tidak mencoba menciptakan monster mutan, tetapi berhasil membuat bayi babi dengan sel monyet. Apakah Anda merasa ada yang aneh dengan mutan dari hibrida babi-monyet?

{Baca juga: Ilmuwan China Ciptakan Wajah Tiruan Pakai Sampel DNA}

Dilaporkan NewScientist dan dikutip Telset.id dari New York Post, Selasa (10/12/2019), hal itu dilakukan oleh peneliti dari Laboratorium Kunci Negara Sel Induk dan Biologi Reproduksi di Beijing.

Mereka membuat khimaira babi-monyet pertama. Khimaira adalah organisme yang mencakup sel-sel hidup dari berbagai genotipe. Para peneliti menambahkan sel-sel monyet ke embrio babi.

Para peneliti membiarkan babi betina dewasa membawa embrio-embrio itu ke permukaan, kemudian mengamati anak babi yang dihasilkan. Tim bekerja dengan lebih dari 4.000 embrio.

Semuanya ditanamkan dalam induk babi. Dari ribuan embrio, hanya sepuluh di antaranya yang menghasilkan kehamilan yang dilakukan secara penuh. Penampilan anak-anak babi tidak berubah.

Namun, para ilmuwan mampu mengamati sel-sel monyet, yang dimodifikasi menjadi berpendar agar visibilitasnya mudah. Dari sepuluh anak babi, hanya dua yang benar-benar akhirnya khimaira.

{Baca juga: Hiii… Ilmuwan Singapura Cetak Kulit Manusia Pakai Printer}

Keduanya mati dalam waktu satu minggu setelah dilahirkan. Penyebab kematian mereka belum ditentukan. Kini, para ilmuwan sedang berupaya keras menumbuhkan organ manusia di babi. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI