telset
spot_img

Google “Oprek” Aplikasi Stream Jadi Asisten Dokter

Telset.id, Jakarta – Alphabet, induk perusahaan Google, akan memaksimalkan DeepMind Health, bagian dari laboratorium AI DeepMind di London, Inggris. Google akan mengembangkan aplikasi Stream dari DeepMind Health jadi layanan kesehatan sebagai asisten dokter.

Menurut laporan CNBC yang dikutip Telset.id, Stream di DeepMind Health dibuat untuk Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS).

Stream akan diubah oleh Google menjadi asisten AI untuk dokter dan perawat yang menggabungkan algoritma terbaik dengan desain yang mudah digunakan.

Saat ini, aplikasi Stream sedang diuji di Inggris untuk membantu dokter dalam mengurus pasien. DeepMind mengatakan, tim Stream akan tetap bekerja di London dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan NHS.

Satu proyek kerja sama mereka adalah menggunakan AI untuk mendeteksi penyakit mata melalui pemindaian rutin. Kabar tersebut tentu mengejutkan mengingat publik sempat tak terima DeepMind dan NHS bekerja sama.

Pada 2017, regulator data di Inggris juga menyebutkan bahwa kerja sama antara DeepMind dan NHS ilegal karena para pasien tidak diberitahukan tentang bagaimana data medis akan digunakan.

Para penasihat privasi di Inggris juga khawatir Google mendapatkan akses ke data medis. Meskipun begitu, saat ini belum diketahui data apa saja yang akan didapatkan oleh Google jika menyerap tim Stream ke perusahaan.

Masih menurut CNBC, dewan peninjau independen untuk DeepMind yang bertugas mengawasi pekerjaan di bidang medis akan ditiadakan. Selama ini, DeepMind Health telah membuat berbagai aplikasi praktis yang bisa langsung digunakan.

Sumber: CNBC

cnbc.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0