Google Bandingkan Rasio Layar Nexus 6P vs iPhone 6s Plus

Nexus 6P, Dave Burke presentationJAKARTA – Google baru saja merilis dua smartphone Nexus terbaru, Nexus 5X dan Nexus 6P. Saat mengumumkan kedua perangkat tersebut, para petinggi Google menjelaskan berbagai keunggulan smartphone barunya itu. Salah satunya membicarakan soal rasio layar-ke-bodi dari Nexus 6P.

Kedua Nexus baru memang dibuat untuk segmen yang berbeda. Kalau Nexus 5X lebih menyasar ke segmen yang harganya “lebih terjangkau”, sementara Nexus 6P akan membidik pasar pengguna berkantong tebal di segmen high-end.

Sebagai smartphone premium, harga Nexus 6P sebenarnya masih lebih murah ketimbang iPhone 6s, milik sang rival. Harga Nexus 6P termurah untuk versi 32GB sekita Rp 9 jutaan, dan yang termahal versi 128GB dipatok seharga Rp 10,7 juta. Sementara iPhone 6s dibanderol Rp 9,2 juta versi 16GB dan yang termahal Rp 12,1 untuk model 128GB.

Bagi Google, harga tidak menjamin pasti lebih unggul dari sisi spesifikasi. Salah satu petinggi divisi Android, Dave Burke, bahkan mengungkapkan keunggulan Nexus 6P dari sisi rasio layar-ke-bodi. Burke seakan ingin menyindir Apple, karena dengan harga selangit, iPhone 6s tidak lebih unggul dari Nexus 6P, terutama soal rasio layar-ke-bodi.

Menurutnya, dengan layar AMOLED 5,7-inci dan resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel, layar Nexus 6P menempati sekitar 74% dari panel depan smartphone, yang membuat perangkat ini mirip dengan perangkat dengan diagonal layar 5,5-inci.

Nexus 6P rasio layar-ke-bodi

Kemudian dia membandingkan dimensi Nexus 6P yang memiliki ukuran 159,3 x 77,8 x 7,3 milimeter, dengan dimensi iPhone 6s Plus, yang meskipun dilengkapi dengan layar 5,5-inci, tetapi punya lebar nyaris sebesar perangkat Nexus, yakni berukuran 158,2 x 77,9 x 7,3 milimeter.

Nexus 6P rasio layar-ke-bodi 2

Saling sindir memang buka hal aneh lagi bagi kedua perusahaan (Google dan Apple), apalagi disaat ada sebuah produk baru yang diluncurkan. Begitupun dengan Google yang saat ini tentunya tangah getol mempromosikan smartphone Nexus terbaru.

Karena kalau bicara soal rasio layar-ke-bodi, sejatinya Nexus 6P bukanlah yang terbaik dalam urusan rasio screen-to-body. Karena jika kita bandingkan dengan Motorola Moto X Style, maka smartphone ini lebih unggul, dimana Moto X Style yang memiliki layar 5.7-inci punya rasio lebih baik 76,36%. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI