Prosesor Gen-13 Raptor Lake Intel Pecahkan Rekor Dunia 8GHz

Telset.id, Jakarta – Gen-13 Raptor Lake, prosesor generasi ke-13 Intel, diklaim berhasil memecahkan rekor dunia. Intel mengklaim, chip itu akan mencapai  8GHz.

Gen-13 Raptor Lake kabarnya akan resmi diumumkan oleh Intel pada bulan depan. Sekarang, Intel mengungkapkan beberapa detail pentingnya di Intel Tech Tour.

Prosesor desktop Raptor Lake akan hingga 15 persen lebih cepat di beban kerja single-threaded dan 41 persen lebih cepat di multi-threaded daripada Alder Lake.

Selain itu, Raptor Lake akan memiliki SKU pertama yang berjalan dengan kecepatan clock stok hingga 6GHz. Intel juga mengklaim, chip itu akan memecahkan rekor.

BACA JUGA:

Menurut Intel, prosesor baru tersebut bakal mencapai mencapai 8GHz pemecah atau yang pertama di dunia. Konon, torehan itu berkat penggunaan nitrogen cair.

Telset kutip dari GSM Arena, Selasa (13/9/2022), Raptor Lake terbaru perlu berjalan setinggi 8,7GHz supaya bisa menjadi pemecah rekor dunia yang sebenarnya.

Kemungkinan, prosesor tersebut akan menjadi Core i9-13900KS. Intel sedang “memperjuangkan” seri Ryzen 7000 AMD, yang akan memakai clock max 5,7GHz.

Prosesor Raptor Lake generasi ke-13 Intel bakal sepenuhnya resmi rilis pada akhir bulan ini, lantas diluncurkan secara global pada 20 Oktober 2022 mendatang.

Prosesor tersebut akan berjalan di Intel 7 atau versi halus dari node 10nm Alder Lake. Prosesor baru keluaran Intel itu akan membawa hingga 24 core dan 32 thread.

Prosesor Raptor Lake generasi ke-13 Intel akan mempunyai hingga 8 core kinerja dan hingga 16 core efisiensi. Raptor Lake-S akan menjadi prosesor PC seri 65W-125W.

BACA JUGA:

Informasi lain menyebut bahwa Raptor-P akan menjadi prosesor laptop 15W-45W dengan dukungan untuk SSD PCIe 5.0 M.2 serta memori DDR5-5600 saluran ganda. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0