Ini Fitur-fitur di Layanan DANA yang Jadi Favorit Pengguna

Telset.id, Jakarta – Layanan dompet digital DANA menawarkan sejumlah fitur yang memudahkan penggunanya untuk bertransaksi digital. Sejauh ini, ada beberapa fitur di layanan DANA yang paling sering digunakan pengguna. Fitur apa saja?

Beberapa fitur yang kini ada di layanan DANA antara lain Qris Payment, Send Money atau Kirim Uang, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran Online Commerce dan fitur BILLER untuk pembayaran tagihan-tagihan.

Senior VP of Product DANA, Rangga Wiseno memberikan informasi mengenai fitur-fitur DANA yang paling sering digunakan selama semester pertama 2021.

{Baca juga: Asyik! Sekarang Bisa Kirim Barang Lewat DANA}

Pada semester ini, kelima fitur tersebut juga mencatat peningkatan signifikan baik dari jumlah transaksi maupun pengguna aktif bulanannya atau Monthly Active User (MAU).

Misalnya transaksi dengan menggunakan QRIS Payment meningkat sebesar 131% dan MAU meningkat 309%. Pada fitur SEND MONEY transaksi meningkat 99% dan MAU meningkat 91%.

Sementara itu transaksi pembelian pulsa selular prabayar meningkat 174 persen dan MAU meningkat 200%. Adapun fitur pembayaran Online mengalami kenaikan transaksi sebesar 91% dan MAU sebesar 73%.

Lalu untuk fitur pembayaran tagihan transaksinya naik sebesar 93% dengan jumlah MAU meningkat sebesar 103%.

“Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA pada semester pertama 2021 ini,” tutur Rangga.

“Selain dari lima fitur di atas, kontribusi pertumbuhan DANA juga didorong oleh salah satu fitur terbarunya, yaitu konversi poin dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke Saldo DANA,” ungkapnya,” tambahnya.

Baca Juga: Cara Top Up Saldo Dana Lewat m-Banking, ATM, Pulsa & Minimarket

Pengguna DANA Tembus 70 Juta

DANA mencatat pertumbuhan positif pada semester pertama 2021. Jumlah pengguna dompet digital DANA yang mengalami lonjakan dari 50 juta pada Desember 2020 menjadi 70 juta pada semester pertama 2021.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara menyatakan bahwa peningkatan jumlah pengguna DANA membuktikan bahwa dompet digital DANA semakin banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Artinya, teknologi finansial yang kami kembangkan makin inklusif dan menghadirkan manfaat yang kian luas. Tak sekadar hanya untuk melakukan pembayaran, namun melakukan berbagai transaksi dari perniagaan, interaksi sosial, hingga menabung ataupun berinvestasi,” jelas Vince.

Vince juga menjelaskan selain pertumbuhan jumlah pengguna, pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi per hari yang pada semester ini meningkat menjadi 5 juta transaksi per hari dari sebelumnya 3 juta transaksi per hari.

{Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda 2020, DANA Gelar DANAID8}

Vince mencatat, rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada bulan Mei 2021. Dibandingkan dengan tahun lalu Mei 2020, pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164%.

“Masyarakat dan seluruh ekosistem makin teredukasi dan memahami dayaguna dompet digital DANA dalam mempermudah terselenggaranya transaksi digital yang praktis, cepat, real-time, efisien, lebih kompeten, nyaman, aman dan terlindungi,” tambahnya.

Menurut Vince aktivitas transaksi khususnya transfer uang dengan menggunakan dompet digital DANA yang meningkat selama masa pandemi berlangsung akibat imbauan untuk tidak mudik dan tetap di rumah saja.

Banyak pengguna yang tinggal di kota-kota besar mentransfer uang mereka lewat DANA kepada sanak saudara ke kampung halaman. Hasilnya banyak masyarakat daerah akhirnya mengenai transaksi nontunai lewat aplikasi.

{Baca juga: Fitur Face Login Tersedia untuk Seluruh Pengguna DANA}

“Aktivitas tersebut telah mengakselerasi transfer budaya nontunai dan pemanfaatan teknologi finansial ke wilayah dan lapisan masyarakat yang lebih luas. Ini menguatkan optimisme kami terhadap makin meningkatnya inklusi keuangan di Indonesia,” sambungnya. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI