Terapkan QR Cross Border, DANA Kini Bisa Dipakai di Malaysia

Telset.id, Jakarta – DANA mendukung penerapan program QR Cross Border yang digagas oleh Bank Indonesia dan Bank Sentral di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) lainnya, sehingga DuitNow QR Code yang ada di DANA sudah bisa dipakai di Malaysia.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code, yang mana DANA menjadi salah satu dompet digital Indonesia yang ikut serta dalam peresmian ini.

Dalam kerja sama tersebut, masyarakat di kedua negara bisa melakukan pembayaran ritel dengan menggunakan QR Code pembayaran nasional di Indonesia yaitu QR Code Indonesian Standard (QRIS) seperti DuitNow DANA maupun QR Code Pembayaran Malaysia.

BACA JUGA:

“Kerja sama ini akan memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna layanan transaksi pembayaran lintas batas sekaligus menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi, mendorong inklusi ekonomi dan keuangan digital di kawasan, serta mendukung stabilitas makroekonomi,” kata Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Sedangkan CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan kalau kehadiran DANA di Malaysia memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran di merchant QRIS melalui aplikasinya.

“Guna memberikan pengalaman bertransaksi digital yang optimal di negara-negara penyelenggara QR Cross Border, kami akan senantiasa membekali dompet digital DANA dengan teknologi yang aman dan tepercaya,” tutur Vince.

Lebih lanjut, keikutsertaan DANA dalam implementasi QR Cross Border diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari Bank Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Selasa (09/05/2023), agenda standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara merupakan salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

BACA JUGA:

Inisiatif ini adalah langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi.

Pembayaran lintas negara pun diawali BI dan DANA di negara Thailand pada Agustus 2022 lalu dan dilanjutkan dengan Malaysia mulai bulan Mei 2023 ini, setelah melewati fase uji coba dan fase komersial. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI