Film Bajakan IndoXXI Jadi Favorit di 2019

Film Bajakan IndoXXI

Telset.id, Jakarta – Aktifitas nonton film bajakan ternyata banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Berdasarkan survei dari YouGov, 63% orang suka menonton film dari situs dan aplikasi seperti IndoXXI.

Lewat keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Senin (23/12/2019), YouGov dan Coalition Against Piracy (CAP) menemukan bahwa dari 63% pengguna, 62% di antaranya adalah pengguna yang sebelumnya berlangganan layanan streaming film berbayar.

Masih berdasarkan survei YouGov, ternyata situs atau aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi film IndoXXI dengan presentase 35% pengguna.

Selain itu, 29% pengguna “lebih niat”, karena menggunakan TV Box khusus agar dapat melakukan streaming konten ilegal.

{Baca juga: 10 Situs Nonton Film Online Gratis Terbaru 2020, Pengganti IndoXXI}

Perlu diketahui, jika TV Box atau Illicit Streaming Devices (ISD) adalah perangkat khusus yang berisi banya aplikasi ilegal. Lewat TV Box, konsumen bisa mengakses ratusan saluran televisi, film bajakan dan konten video on demand yang seharusnya berbayar.

Berdasarkan kategori usia, ternyata anak muda lebih banyak menikmati film bajakan ketimbang para orangtua. Dari 63% pengguna, 44% di antaranya yang berusia 18 sampai 24 tahun mengaku suka menonton film ilegal tersebut.

Menanggapi survei tersebut, Coalition Against Piracy (CAP) dan Video Coalition of Indonesia (VCI) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bakal memblokir domain yang terkait dengan situs web dan aplikasi film bajakan.

Sejak Juli tahun ini, lebih dari 1.000 situs web pembajakan dan domain telah diblokir oleh Kominfo.

{Baca juga: Indoxxi XX1 Lite, Aplikasi Nonton Film Streaming Anti Repot}

Adapun anggota CAP dan VCI sendiri merupakan berbagai pihak seperti Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI), Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), dan Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI).

Bergabung juga Emtek Group, MNC Group, Viva Group, Telkom Indonesia, Cinema 21 Group, CGV, Cinemaxx, HOOQ, iflix, Viu, Rewind, SuperSoccerTV dan Catchplay. (NM/FHP)

Update 2020: Buat Anda yang ingin mencari alternatif pengganti nonton film gratisan, bisa simak ulasannya dalam artikel berikut ini. Selamat mencoba!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here