Eksoplanet Baru Ditemukan, Ukurannya Dua Kali Lebih Besar dari Bumi

Eksoplanet

Telset.id, Jakarta – Kehadiran eksoplanet atau planet di luar tata surya telah ditemukan oleh para ahli baru-baru ini. Eksoplanet tersebut punya ukuran seperti planet Neptunus, dan hanya berjarak 90 tahun cahaya dari Bumi. Planet luar tata surya itu pertama kali terlihat pada 2019 lalu dengan nama G 9-40b.

Para peneliti menggunakan Habitable-zone Planet Finder (HPF) di Texas untuk mengonfirmasi keberadaan planet, yang kali pertama terlihat pada 2019 oleh pesawat ruang angkasa Kepler tersebut.

“G 9-40b adalah satu dari dua puluh planet transit terdekat. Kedalaman transitnya besar. G 9-40b adalah planet ekstrasurya untuk mempelajari komposisi atmosfer,” kata penulis Guðmundur Stefánsson.

{Baca juga: Peneliti Lihat “Mini Moon” Mengorbit Bumi, Berbahayakah?}

Satu tahun cahaya, yang mengukur jarak di ruang angkasa, sama dengan enam triliun mil. Pengamatan spektroskopi dari HPF memungkinkan para peneliti untuk menempatkan batas atas dari 12 massa Bumi.

Caleb Cañas, seorang penulis penelitian, menambahkan bahwa sebuah eksoplanet ini = mengakibatkan penurunan dalam cahaya dari bintang induk daripada objek astrofisika lain seperti bintang latar belakang.

“Kami berharap mendapatkan lebih banyak pengamatan dengan HPF untuk secara tepat mengukur massanya. Kami memungkinkan membatasi komposisi curah dan membedakan dengan batuan,” sambungnya.

{Baca juga: Planet Alien Sedang Menuju Tepi Kehancuran, Kenapa?}

Menurut New York Post, dikutip Telset.id, Senin (02/03/2020), G 9–40b berukuran sekitar dua kali ukuran Bumi, tetapi kemungkinan lebih dekat ukurannya dengan Neptunus. Eksoplanet ini juga mengorbit bintangnya, mirip Bumi yang mengorbit matahari.

Planet luar tata surya sampai sekarang yang paling dikonfirmasi ke Bumi adalah Proxima Centauri b, yang berjarak 4,2 tahun cahaya. Asal tahu saja, Januari 2020 lalu para peneliti menemukan keberadaan eksoplanet yang kedua. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here