Peneliti Lihat “Mini Moon” Mengorbit Bumi, Berbahayakah?

Telset.id, Jakarta – Hanya ada satu bulan yang berputar-putar mengelilingi planet Bumi. Namun, baru-baru ini peneliti mengaku baru saja melihat “Mini Moon” yang mengorbit Bumi. Objek tersebut dikenal sebagai 2020 CD3.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Jumat (28/02/2020), Mini Moon yang mengorbit Bumi terlihat selama Catalina Sky Survey yang dipimpin oleh NASA.

Di titik ini, tidak jelas berapa lama Mini Moon itu akan bertahan. Yang pasti, sekarang objek tersebut adalah “teman baru” Bumi, selain Bulan.

{Baca juga: Planet Alien Sedang Menuju Tepi Kehancuran, Kenapa?}

Asteroid itu berukuran kecil, tidak lebih besar dari sekitar 3,5 meter. Akan tetapi, Mini Moon masih cukup besar untuk dilihat dari sensor berbasis darat dan memenuhi syarat sebagai bulan mini.

Bumi bukan planet raksasa, tetapi tarikan gravitasinya masih cukup kuat untuk merobohkan beberapa benda saat melewatinya. Seringkali, benda-benda tersebut melesat kembali ke angkasa.

Objek-objek itu jarang menimbulkan ancaman bagi Bumi. Jika sebuah objek seukuran CD3 2020 jatuh ke Bumi, alih-alih terbang kembali ke luar angkasa, gesekan akan menghancurkannya.

{Baca juga: Objek Luar Angkasa Misterius Kirim Sinyal ke Bumi, Alien?}

Sebelumnya diberitakan, sebuah objek misterius di luar angkasa berjarak 500 juta tahun cahaya dari Bumi telah membingungkan para ilmuwan. Bagaimana tidak, objek misterius tersebut mengirimkan sinyal ke Bumi setiap 16 hari.

Para ilmuwan tidak tahu apa yang mengakibatkan fenomena itu. Namun, mereka meyakininya sebagai pola semburan radio cepat pertama yang dapat diandalkan di luar angkasa. Semburan radio yang baru ditemukan tersebut mengulangi kegiatan setiap 16 hari. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

5 Tips Biar Koneksi Internet Stabil Selama Video Conference

Telset.id - Selama work from home atau WFH, masalah yang biasanya terjadi adalah internet lambat alias lemot saat digunakan untuk...

Zoom Akui Salah, Panggilan Video Call Dialihkan ke China

Telset.id, Jakarta – Isu tak sedap masih terus menerpa Zoom. Kali ini, aplikasi video conference itu dihantam isu yang...

Ribuan Video Rapat Online Pengguna Zoom Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta - Isu privasi pengguna Zoom seolah tak kunjung selesai. Dilaporkan, ribuan rekaman video rapat online milik pengguna...

Apple Produksi 20 Juta Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Telset.id, Jakarta - Apple menjadi satu dari beberapa perusahaan teknologi yang turut produksi alat pelindung diri atau APD untuk...

Spotify Jadi Streaming Musik Terbesar, Kalahkan Apple Music dkk

Telset.id, Jakarta - Lembaga riset Counterpoint merilis laporan terkait layanan streaming musik berbayar di tahun 2019. Dalam laporan Counterpoint, Spotify...
- Advertisement -