Duh! Data Pengguna Bukalapak Kembali Bocor di Internet

Telset.id, Jakarta – Unicorn Bukalapak terkena isu kebocoran data lagi. Diduga sekitar 12,9 juta data pengguna Bukalapak bocor dan dijual oleh sebuah akun di situs forum bernama RaidForums.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id dari situs RaidForums pada Rabu (06/05/2020), akun yang menjual data tersebut bernama Tryhard User.

Akun tersebut menjual 12.957.573 juta atau 12,9 juta data pengguna Bukalapak.

{Baca juga: Tegas! Masker dengan Harga Mahal akan “Ditendang” dari Bukalapak}

Data Bukalapak Bocor

Melalui forum tersebut akun Tryhard User menyatakan jika data yang dirinya jual mulai dari user ID, email, nama lengkap pengguna, password, salt, username dan tanggal lahir pengguna Bukalapak.

Selain itu akun tersebut juga menampilkan contoh-contoh data yang dirinya jual dan ditemukan fakta yang menarik.

Terdapat alamat email bernama achmad.zaky.s@gmail.com dan mfrasyid1@yahoo.com.

Diduga jika email tersebut milik pendiri dan mantan CEO Bukalapak, Achmad Zaky dan milik pendiri Bukalapak, Fajrin Rasyid.

Tim Telset.id pun tengah mencoba menghubungi Head of Corporate Communication Bukalapak, Intan Wibisono terkait isu kebocoran data tersebut. Namun hingga saat ini Intan belum membalas pesan kami.

Kasus ini bukan pertama kali menimpa Bukalapak. Tahun lalu sekitar 13 juta akun Bukalapak diretas oleh hacker asal Pakistan bernama Gnosticplayers.

Hacker itu mengklaim telah meretas puluhan situs populer dan menjual hasil retasannya di dark web. Yang mengejutkan, nama Bukalapak masuk ke dalam daftar situs yang ia retas.

Menurut The Hacker News, seperti dilansir Telset.id pada Senin (18/03/2019), Gnosticplayers telah meretas 890 juta akun pengguna dari 32 situs populer beberapa waktu lalu.

{Baca juga: 13 Juta Akun Bukalapak Diretas dan Dijual di Dark Web}

Kemudian, ia menjual ratusan juta akun pengguna tersebut pada 6 dark web dalam empat putaran. Tiga putaran di antaranya telah dilakukan pada bulan lalu pada darknet bernama Dream Market. (NM/HBS)

1 KOMENTAR

  1. halo bro pada lagi gabut mendingan join dan gabung di https://enakmain.com/ banyak game yang menarik yang bisa kalian mainkan loh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here