Bukan di China, iPhone 2019 akan Dirakit di India

iPhone 2019

Telset.id, Jakarta – Apple dikabarkan bakal merakit iPhone 2019 di India pada tahun depan. Raksasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat itu disebut akan menghadirkan iPhone premium, dan digarap di India dengan bantuan Foxconn.

Dilansir Telset.id dari CNBC, Senin (31/12/2018), menurut sumber pihak ketiga, perakitan iPhone 2019 akan dilakukan di pabrik Foxconn di Kota Sriperumbudur, negara bagian selatan Tamil Nadu.

Foxconn, yang sudah merakit sejumlah merk smartphone seperti Xiaomi, menurut Menteri Industri Tamil Nadu, M. C. Sampath, akan menginvestasikan 25 miliar rupee atau Rp 5,2 triliun untuk memperluas pabrik, termasuk investasi dalam produk iPhone.

{Baca juga: Berkat Samsung, iPhone 2019 Bakal Lebih Tipis dari iPhone XS}

Investasi dalam jumlah lumayan besar tersebut juga dapat menciptakan sebanyak 25.000 pekerja tambahan. Di sisi lain, perakitan iPhone di India juga bisa membawa dampak baik bagi Apple. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah India telah memberlakukan tarif tinggi untuk semua ponsel berlabel impor.

Namun, pemerintah India menawarkan tarif impor yang lebih murah untuk suku cadang ponsel. Langkah tersebut guna mendorong produsen membuat perangkat di India dan mendorong bisnis manufaktur di negara tersebut.

{Baca juga: Tahun Depan, Pabrik Perakit iPhone akan Pindah ke Batam}

Selain itu, menurut laporan dari surat kabar India pada 24 Desember 2018 lalu, Foxconn mungkin akan memulai memproduksi berbagai model iPhone di pabriknya yang berada di India. Reuters, pertama kali melaporkan ukuran investasi dan jenis iPhone yang akan dirakit di sana. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here