Tahun Depan, Pabrik Perakit iPhone akan Pindah ke Batam

Telset.id, Jakarta – Perusahaan perakit iPhone asal Taiwan, Pegatron akan investasi di Indonesia, dan akan membangun pabriknya di Tanah Air. Pabrik perakit iPhone tersebut dilaporkan akan mengalihkan sebagian produksinya ke Batam.

Dilansir Telset.id dari Nikkei Asian Review, Jumat (07/12/2018), nantinya pabrikan ini akan menyewa sebuah pabrik di Batam dalam enam bulan ke depan untuk memproduksi sebagian produk non-iPhone yang terkena tarif impor Amerika Serikat.

Kabar ini dibenarkan oleh Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, Pegatron sedang mempertimbangkan soal perizinan di Indonesia.

Luhut lantas meyakinkan Pegatron, bahwa seluruh urusan perizinan tidak akan dipersulit, asalkan perusahaan tersebut mengikuti semua aturan-aturan yang berlaku di Indonesia.

{Baca juga: Aneh, iPhone XR Versi Unlocked Sudah Dijual Duluan}

Meski demikian, Luhut masih enggan memberikan informasi soal besaran nilai investasi yang ditanamkan Pegatron di Indonesia. Tapi ia menekankan, bahwa investasi Pegatron akan masuk secara bertahap, dan pemerintah akan terus mendukung perusahaan yang ingin merelokasi pabriknya ke Tanah Air.

“Dia mau lihat dulu. Kita memang dorong orang-orang yang mau relokasi industrinya terutama semikonduktor, HP, elektronik, ke Indonesia,” jelasnya.

{Baca juga: Korsel Gelontorkan Rp 18,7 Triliun untuk Bangun Teknologi Semikonduktor}

Diharapkan, segala proses investasi dan pabrik Pegatron di Batam akan selesai pada kuartal pertama di tahun 2019 mendatang. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI