telset

Cortana di Laptop Samsung Terbaru Digantikan Bixby

Telset.id, Jakarta – Sistem operasi Windows 10 maupun Windows 11 dilengkapi dengan asisten digital nan pintar bernama Cortana. Namun, asisten berbasis AI atau kecerdasan buatan ini tak bakal hadir jika Anda pengguna laptop terbaru Samsung dengan sistem operasi Windows 11.

Lewat keterangan resmi, Samsung resmi menggantikan Cortana dengan Bixby pada laptop terbaru Galaxy Book dengan sistem operasi Windows 11.

Perusahaan asal Korea Selatan ini mengatakan bahwa Bixby akan memberikan pengalaman dan mobilitas yang lebih baik kepada pengguna. Asisten digital ini juga menyediakan cara yang intuitif bagi pengguna untuk berinteraksi dengan laptop Samsung.

“Samsung telah memperkenalkan Bixby di Windows untuk pengguna Galaxy Book,” kata perusahaan dalam situs resminya.

Baca juga: Windows 11 Bikin PC AMD jadi Lemot

Bixby akan menggantikan Cortana yang berjalan di Windows 11. Asisten ini dapat diberikan perintah untuk mencari file, membuka aplikasi maupun pengaturan sistem, sampai mengontrol ekosistem perangkat Samsung yang terdaftar di SmartThings.

Lebih lanjut, perusahaan juga menjelaskan bahwa asisten Bixby dapat dipanggil dengan menggunakan tombol pintasan yang langsung aktif di Galaxy Book. Pengguna laptop terbaru Samsung hanya perlu menekan tombol CTRL, Shift + B, ataupun FN + B saja.

“Pengguna juga bisa memanggilnya dengan mengatakan ‘Hi Bixby’ atau mencari Bixby pada taskbar Windows,” jelas Samsung.

Baca juga: Cara Update Gratis Windows 11

Samsung juga mengumumkan, laptop terbaru Galaxy Book 360 5G akan menjadi laptop pertama yang berjalan di sistem operasi Windows 11 dan mendukung asisten digital Bixby.

Meski begitu, Samsung juga menyatakan bahwa model Galaxy Book lainnya akan mendapatkan update ke Windows 11 secara bertahap. Begitu juga dengan dukungan terhadap Bixby yang menggantikan asisten digital Cortana besutan Microsoft.

Selain Cortana, Bixby Juga Gantikan Google Assistant

Laptop Samsung Bixby Cortana

Tak cuma Cortana pada Windows 11 saja yang digantikan oleh Bixby dari Samsung. Asisten pintar itu juga menggeser posisi Google Assistant pada perangkat Samsung Galaxy Watch4 Series yang berjalan di Wear OS 3 buatan Google.

Samsung mendapatkan izin untuk membawa beberapa fitur andalannya di Tizen OS ke Wear OS 3 pada Galaxy Watch4 Series. Beberapa fitur bawaan ditampilkan, seperti Watch Face dan Bixby.

Sama halnya, untuk mengakses asisten berbasis AI ini, pengguna hanya perlu memanggil “Hi Bixby”. Fungsi atau perintahnya pun sama halnya seperti di HP Samsung terbaru, misalnya mengirimkan pesan, melakukan panggilan telepon (untuk versi LTE), mengetahui prediksi cuaca, dan lainnya. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0