telset

Jangan Dulu Update! Windows 11 Bikin PC AMD jadi Lemot

Telset.id, Jakarta – Sesaat setelah Microsoft menggulirkan update Windows 11, muncul bug yang dilaporkan berdampak pada pengguna perangkat dengan prosesor AMD. Dilaporkan, bug tersebut membuat performa perangkat menurun dan menjadi tak nyaman digunakan.

Menurut dokumentasi yang diterbitkan AMD, ada beberapa bug Windows 11 yang memengaruhi kinerja dari PC dengan prosesor AMD Ryzen. Salah satunya bahkan memperlambat performa CPU sampai 15%.

Bug Windows 11 ini diketahui meningkatkan latensi cache L3 sebanyak tiga kali lipat, sehingga membuat aplikasi yang seharusnya berjalan cepat menjadi lambat dan malah membebani memori.

Sebagian besar aplikasi yang ada terpengaruh, sehingga dapat melambat hingga 5%. Jika pengguna merupakan gamer yang biasa bermain game online untuk PC, dampak bug tersebut bakal terasa sekali karena kinerja prosesor akan melambat sampai 15%.

Tak cuma itu, bug Windows 11 lainnya mencegah fitur Preferred Core dari prosesor AMD berjalan dengan semestinya. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan OS untuk menggunakan inti CPU dengan clock-speed terkencang agar tugas-tugas yang butuh power besar berjalan dengan baik.

Baca juga: Fitur Baru di Windows 11

Dalam dokumennya, AMD mengatakan bahwa efek masalah pada Windows 11 bakal terasa pada prosesor 8-core ke atas dengan Thermal Design Power atau TDP di atas 65W.

Itu artinya, prosesor AMD Ryzen kelas atas banyak yang terdampak bug Windows 11 ini. Namun demikian, AMD menyebut bahwa lini populer seperti seri 3600X dan 5600X mungkin terpengaruh dengan taraf minimal, sementara laptop dengan AMD pun hanya terdampak sedikit saja.

AMD saat ini pun bekerja sama dengan Microsoft untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut. AMD mengumumkan, patch keamanan untuk bug pertama akan dirilis sebagai update Windows 11, sementara perbaikan untuk masalah kedua akan digulirkan sebagai update patch yang disebar pada bulan ini.

Khusus bug terakhir, pengguna pun disarankan untuk rutin memeriksa situs resmi AMD untuk melakukan pembaruan secara manual, seperti menginstal driver yang baru.

Update Windows 11 Dirilis Gratis

Bug Microsoft Windows 11

Sebelumnya, Microsoft resmi menggulirkan update Windows 11 untuk para pengguna di Indonesia. Ada beberapa cara bagi Anda yang ingin mendapatkan update ke Windows 11 untuk perangkat laptop maupun PC mereka.

Menurut Modern Work and Security Business Group Lead Microsoft Indonesia, Wahjudi Purnama, Windows 11 akan membantu masyarakat Indonesia untuk lebih produktif dalam berkreasi.

Baca juga: Cara Update ke Windows 11 Gratis!

“Dengan Windows 11, kami menata ulang seluruh pengalaman pengguna untuk membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda sukai, memberdayakan Anda untuk lebih produktif, dan menginspirasi Anda untuk berkreasi,” tutur Wahjudi.

Selain itu OS terbaru ini juga memiliki keamanan yang tinggi, sehingga pengguna bisa lebih tenang dan nyaman ketika menggunakan perangkat yang didukung Windows 11.

“Windows 11 akan memberikan pengguna rasa tenang dan nyaman, sambil menjaga semua penggunanya tetap aman. Kami senang membawa Windows 11 ke Indonesia,” jelasnya. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0