telset

Bos Sharp Konfirmasi iPhone 8 Pakai OLED Display

Telset.id, Jakarta – Rumor yang menyebutkan iPhone 8 akan menggunakan layar OLED akhirnya “terkonfirmasi”. Sumber informasi ini datang dari seorang petinggi Sharp, perusahaan elektronik raksasa Jepang yang memasok panel layar iPhone.

Presiden Sharp, Tai Jeng-wu, yang juga seorang eksekutif di Hon Hai Precision Industry atau yang lebih dikenal sebagai Foxconn Technology Group mengkonfirmasi bahwa iPhone generasi mendatang (iPhone 8) akan menggunakan organic light-emitting diode screen alias OLED display.

Seperti dilaporkan oleh Nikkei, Tai mengungkapkan, bahwa Apple akan membuat desain iPhone yang sama sekali berbeda dengan iPhone sebelumnya. Selain untuk mendongkrak penjualan, desain baru iPhone juga untuk menyambut ulang tahun ke-10 iPhone di tahun depan (2017).

[Baca juga: iPhone 8 akan Gunakan Body Kaca dan Layar OLED]

“iPhone telah berkembang, dan sekarang sudah beralih dari LTPS (low-temperature polu-silicon) ke panel OLED,” kata Tai saat memberikan kuliah umum di almamaternya, Universitas Tatung, dalam rangka penganugerahan gelar doktor kehormatan yang ia terima.

“Kami belum tahu apakah iPhone dengan OLED akan populer, tetapi jika Apple tidak melangkah untuk mentransformasi dirinya, tidak akan ada inovasi. Ini merupakan krisis tetapi juga sebuah kesempatan,” jelas Tai.

Seperti diketahui, Apple terus mengalami penurunan penjualan sejak beberapa tahun terakhir, karena dianggap semakin minimnya fitur yang inovatif. Bahkan, iPhone 7 yang baru dirilis pada September lalu dianggap tidak ada fitur yang istimewa.

Apple tertarik menggunakan OLED display karena menawarkan kontras warna yang lebih tajam dibandingkan dengan layar LTPS, dan fleksibilitas yang memungkinkan produsen untuk membuat layar melengkung dan bahkan dilipat.

Layar OLED melengkung sejauh ini telah digunakan oleh smartphone premium buatan Samsung, seperti Galaxy S7 Edge dan Galaxy Note 7. Meski Note 7 telah dihentikan produksinya setelah adanya masalah pada baterai yang membuatnya mudah terbakar.

Sharp saat ini memasok panel LTPS panel untuk Apple, tetapi masih sangat terbatas untuk produksi layar OLED. Tai tidak menyebutkan kapan akan mulai memproduksi layar OLED untuk iPhone, tetapi ia menegaskan Sharp berkomitmen untuk mengembangkan teknologi OLED.

“Kami sekarang sedang membangun fasilitas pabrik OLED  baru di Jepang. Kami bisa membuat (OLED panel) di AS juga, jika pelanggan utama kami (Apple) meminta kami untuk memproduksi di AS,” ” katanya.

Sebelumnya Nikkei melaporkan bahwa Apple sedang mempersiapkan tiga model iPhone baru yang akan diperkenalkan saat ulang tahun iPhone ke-10 pada tahun 2017 mendatang. Salah satu model dari tiga handset tersebut akan menggunakan OLED display melengkung berukuran 5,5 inci, sementara dua model lainnya masih menggunakan panel LTPS.

Kabarnya, Apple akan membuat iPhone yang sama sekali berbeda dengan iPhone sebelumnya. Selain menggunakan OLED display, iPhone mendatang akan memiliki body full berbalut kaca dengan bezel logam.

[Baca juga: Samsung Dongkrak Produksi Panel AMOLED demi iPhone]

Sebelumnya, telah banyak dikabarkan bahwa Samsung akan menjadi pemasok utama panel OLED untuk iPhone 8 yang akan dirilis tahun 2017. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu disebutkan telah meningkatkan produksi panel AMOLED untuk smartphone secara bertahap hingga mencapai lebih dari setengah miliar di tahun 2019, dimana sebagian besar untuk iPhone.[HBS]

 

 

SourceNikkei

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0