Bantuan Pulsa untuk Belajar Online Disalurkan Akhir September

Bantuan Pulsa Belajar Online

Telset.id, Jakarta – Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, mengatakan bantuan pulsa untuk belajar online akan dibagikan pada akhir September 2020.

Kepada awak media pada Jumat (11/09/2020), Erick memastikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merilis program bantuan pulsa yang lebih menyeluruh untuk sekolah dan perguruan tinggi.

Untuk itu, ia mengatakan bantuan pulsa nantinya akan diberikan kepada pelajar, guru, mahasiswa, dan dosen. Tujuannya, untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online.

{Baca juga: Dukung Program PJJ, IM3 Ooredoo Berikan Paket IMClass}

“Program pulsa kemarin sudah saya cek, sebenarnya kemarin sudah berjalan. Tapi nanti akan ada yang jauh lebih besar ketika Kemendikbud meluncurkan bantuan pulsa untuk dosen, guru, mahasiswa dan pelajar,” kata Erick.

Meski demikian, Erick yang juga menjabat sebagai menteri BUMN itu belum dapat memastikan kapan tanggal pasti bantuan pulsa tersebut disalurkan.

“Itu akan dilaunchingkan akhir bulan ini Insyaallah,” tutup Erick.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk memberikan subsidi pulsa kepada dosen, mahasiswa, guru dan murid untuk menunjang kegiatan belajar online.

{Baca juga: Subsidi Kuota, Pemerintah Harus Pikirkan Daerah yang Kesulitan Akses Internet}

Ketika itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang membahas rencana pemberian subsidi tersebut.

Informasi mengenai kebijakan subsidi pulsa dibeberkan oleh Erick Thohir kepada awak media dalam konferensi pers virtual pada Rabu (12/08/2020) lalu.

Erick mengatakan jika kebijakan ini sedang dibahas antara Kominfo, Kemenkeu dan juga Kementerian Pendidikan mengenai implementasi kebijakan tersebut.

“Kemarin Kominfo sendiri bersama Menkeu, Mendiknas sekarang sedang mempelajari apakah ada juga bantuan subsidi pulsa untuk dosen, guru, para murid semuanya,” kata Erick, kepada Telset.id pada Selasa (07/04/2020).

{Baca juga: Pemerintah Berencana Berikan Subsidi Pulsa untuk Belajar Online}

Erick enggan menjelaskan secara detail mengenai skema subsidi pulsa yang akan diberikan pemerintah. Alasannya kebijakan tersebut masih digodok oleh kementerian-kementerian lain.

“Tapi saya belum persentase detil karena itu masih digodok kementerian lain,” tambah Erick. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here