telset

Bangun Ekosistem Digital, XL Resmikan IoT Lab X-Camp

Telset.id, Jakarta – XL Axiata telah meresmikan IoT Lab X-Camp untuk membangun ekosistem digital di Indonesia. Dalam sambutannya, Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan jika tujuan utama IoT Lab X-Camp agar ekosistem digital di Indonesia bisa semakin meningkat.

“Kami selalu ingin berkomitmen membantu pembangunan negeri dalam bidang digital dan Internet of Things (IoT) dapat membantu pekerjaan sehari-hari kita,” ucap Dian di XL Axiata Tower, di Jakarta pada Selasa (13/11/2018).

Dian menambahkan, IoT Lab X-Camp juga menjadi wadah perkembangan IoT di Indonesia.

Tidak hanya bagi para kreator IoT, nantinya tempat tersebut akan menjadi wadah bagi para pelaku IoT di Indonesia untuk menciptakan teknologi terbaru.

“X-Camp bisa jadi tempat pertemuan stakeholder IoT di Indonesia, khususnya stakeholder yang termasuk dalam ekosistem digital,” ujarnya.

Selain bersama pemerintah, XL juga menjalin kerjasama dengan pihak kampus di Tanah Air. Kerjasama ini dilakukan untuk mencari talenta berbakat yang mampu mendukung ekosistem digital di Indonesia.

“X-Camp akan menyelenggarakan training bekerja sama dengan universitas untuk mengembangkan sumber daya manusia, dan akan ada ide-ide dari pelatihan tersebut,” jelasnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara terkait IoT Lab X-Camp. Ia menyatakan dukungannya terhadap IoT Lab X-Camp, dan mengatakan jika pemerintah juga memiliki program untuk mengembangkan SDM di dunia digital yang bernama Digital Talent Scholarship.

“Kalo ekosistem digital fokusnya adalah SDM. Pasalnya, kalau kita impor maka bisa membuat kecemburuan di Indonesia sehingga Kominfo juga menggelar Digital Talent Scholarship yang diikuti oleh 1000 peserta,” jelasnya.

Turut hadir juga Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartanto. Menurutnya, IoT Lab X-Camp adalah bentuk dukungan XL Axiata terhadap program Revolusi Industri 4.0.

“Industri 4.0 membutuhkan tenaga yang kompeten dan XL Axiata di-challenge untuk menyiapkan infrastrukturnya,” ucapnya.

Airlangga pun berharap, jika IoT Lab X-Camp dapat melahirkan banyak pengusaha dunia digital demi mewujudkan target presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia masuk ke dalam 10 besar sebagai negara dengan ekonomi yang kuat di tahun 2030.

“Ini menciptakan the new entrepreneur atau pengusaha baru di Indonesia untuk new economy Indonesia,” tutup Rudiantara.

Prosesi peresmian IoT Lab X-Camp juga terbilang unik. Ketiga orang yakni Dian Siswarini, Rudiantara dan Airlangga Hartanto dihadapkan dengan sebuah robot yang canggih.

Mereka harus menempel sidik jari mereka di bagian depan robot untuk meresmikan IoT Lab X-Camp yang berada di lantai 20 XL Axiata Tower. Usai peresmian, mereka juga turun ke lantai tersebut untuk melihat kondisi IoT Lab X-Camp yang kelak akan melahirkan teknologi IoT masa depan untuk Indonesia. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0