BAKTI Kominfo Bangun Palapa Ring Khusus di Ibukota Baru

Telset.id, Jakarta – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo berencana untuk membangun Proyek Palapa Ring Khusus di kawasan Ibu kota baru. Hingga saat ini mereka sedang mengkaji rencana pembangunan infrastruktur tersebut bersama operator.

Menurut Dirut Bakti Kominfo, Anang Latif saat ini Bakti Kominfo sedang melakukan kajian dengan Operator. Tujuannya untuk mempelajari mengenai kondisi geografis di Kabupaten Penajam Passer Utara dan Kutai Kartanegara yang rencananya sebagian wilayahnya akan menjadi ibukota baru Indonesia.

{Baca juga: Jokowi Resmikan Palapa Ring, Hubungkan 514 Kabupaten dan Kota}

“Kita lagi menyiapkan kajiannya. Betul ya, kita bicara dengan operator juga selalu kami menyelesaikan persoalan telekomunikasi dan berkolaborasi dengan operator, pertama di operator,” kata Anang Latif di Kantor Kominfo pada Selasa (15/10/2019).

Aspek kajian yang dilakukan berfokus pada kondisi beberapa titik lokasi yang akan dibangun. Anang bersama operator ingin mengkaji bagaimana kekuatan listrik disana agar infrastruktur Palapa Ring bisa berjalan secara optimal.

“Karena bagaimana titik lokasi yang dikunjungi kita harus tau kekuatan listriknya. Jalur yang akan dibangun,” tambah Anang.

Terkait target, Anang pun yakin jika Palapa Ring Khusus tersebut akan selesai sebelum pemindahan ibukota benar-benar dilakukan. Pasalnya pembangunan Palapa Ring Khusus bisa cepat selesai karena geografis disana mayoritas berupa daratan.

“Target sebelum nanti kita pindah, itu udah terealisasi. Itu cepat kok. Hampir di daratan semua. Cepat semua. Itu kita jamin sblm pemerintah menyatakan resmi pindah, telekomunikasi sudah selesai,” tutup Anang.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin siang (26/08) resmi mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia, yakni berada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

{Baca juga: Ibu Kota Pindah, Warganet Bereaksi Lewat Tagar #IbuKotaBaru}

“Pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam dan diintensifkan dalam 3 tahun terakhir ini. Hasil kajian, lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Pasir Utara, dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim,” jelasnya di Istana Negara, Jakarta. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI