Bumi Dilanda Corona, Tiga Astronot Ini Terbang ke ISS

Astronot ISS

Telset.id, Jakarta – Tiga astronot Amerika Serikat dan Rusia terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Kamis (09/04) waktu setempat. Ketiga astronot ini meninggalkan Bumi yang sedang dilanda wabah virus corona.

Astronot NASA, Chris Cassidy, dan dua astronot Rusia, Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner, tiba di laboratorium yang mengorbit di kapsul Soyuz dalam rentang waktu enam jam setelah lepas landas dari titik peluncuran di Kazakhstan.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Minggu (12/04/2020), tiga astronot tersebut bergabung dengan dua orang Amerika Serikat dan satu orang Rusia yang akan kembali dari ISS ke Bumi dalam seminggu mendatang.

{Baca juga: NASA Beberkan Rencana Penempatan Pangkalan di Bulan}

Astronot ISS terbaru akan tetap di sana sampai Oktober 2020 untuk menjaga pos terdepan sampai SpaceX meluncurkan sepasang astronot NASA dari Kennedy Space Center Florida, awal bulan depan.

Misi kali ini akan menjadi peluncuran orbital pertama astronot dari Amerika Serikat sejak program pesawat ulang-alik NASA berakhir pada 2011. NASA menyiarkan momen peluncuran secara langsung meski di lokasi minim staf.

{Baca juga: Cegah Corona, Astronot Jalani Karantina Sebelum ke ISS}

Istri Cassidy, Peggy, menyaksikan peluncuran dari Mission Control NASA di Houston. Ia kembali ke rumah beberapa minggu lalu setelah mengucapkan selamat tinggal kepada sang suami di markas kosmonot di Star City, Rusia.

Menjelang lepas landas, para astronot merasa luar biasa setelah berada di karantina ketat selama sebulan terakhir, untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di luar angkasa.

“Kami senang menjalankan misi ini dengan disaksikan dari jarak jauh oleh keluarga,” terang Cassidy. (SN/MF)

SOURCENew York Post
Previous articleNASA Mau Ubah Kawah Bulan Seperti “Death Star”
Next articleIlmuwan Heran, Ada Lubang Raksasa di Langit Kutub Utara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here