telset

Astronom Tangkap Gambar Komet Misterius, Pesawat Alien?

Telset.id, Jakarta  – Sebuah objek asing atau komet misterius terlihat meluncur menuju tata surya kita dari luar angkasa telah berhasil difoto oleh para astronom. Benda misterius itu tidak seperti yang pernah dilihat oleh para ilmuwan sebelumnya. Pesawat alien kah?

Komet tersebut kemungkinan besar berasal dari sistem bintang lain. Dikutip Telset.id dari New York Post, Kamis (28/11/2019), komet sejenis 2I/Borisov itu adalah objek antarbintang kedua yang pernah terlihat di tata surya kita.

{Baca juga: Ngeri! Black Hole Terbesar Sejagat Raya Ditemukan}

Ditemukan pada Agustus 2019, Borisov telah melakukan perjalanan setidaknya tujuh triliun mil dan akan melakukan pendekatan ke Bumi pada bulan depan. Para ahli astronom menangkap gambar komet sejenis 2I/Borisov pada Minggu lalu.

Para ilmuwan menangkapnya menggunakan teleskop di Observatorium Keck di Hawaii. Gambar yang diambil oleh para ilmuwan Universitas Yale tersebut menunjukkan komet yang dikelilingi oleh cahaya putih nan terang.

Pra ilmuwan menyatakan, terbuat dari es dan puing-puing tubuh utama Borisov, ekor hantu itu membentang sejauh 100 ribu mil sehingga membuatnya lebih dari 12 Bumi ditumpuk berdampingan di belakang komet.

“Sungguh betapa kecilnya Bumi dibanding tata surya lain,” kata ilmuwan Yale, Dr Pieter van Dokkum. Borisov hanyalah objek antarbintang kedua yang terlihat di lingkungan kosmik. Yang pertama adalah Oumuamua pada 2017.

{Baca juga: Misi NASA dan ESA Selamatkan Bumi dari Ancaman Asteroid Raksasa}

Kecepatan sangat tinggi Borisov menunjukkan komet tersebut berasal dari ruang antarbintang dan kemungkinan akan kembali ke sana lagi tahun depan, tidak seperti umu Oumuamua yang hanya terlihat saat melewati Bumi. [SN/HBS]

Sumber: NY Post

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0