Ngeri! Black Hole Terbesar Sejagat Raya Ditemukan

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan kembali menemukan lubang hitam alias black hole. Diklaim, itu merupakan black hole terbesar dengan ukuran 10 ribu kali lebih besar dari black hole yang ditemukan pada bulan April lalu.

Dilaporkan Engadget, pada Senin (12/08/2019), black hole ini ditemukan oleh Kianusch Mehrgan dan peneliti lainnya dari Max Planck Institute Jerman.

Lubang kamera ini ditemukan di Galaksi Holm 15A yang berjarak sekitar 700 juta tahun cahaya. Ukurannya 40 miliar kali massa Matahari, dan 10 ribu kali massa lubang hitam yang ditemukan pada April lalu.

Kianusch melihat lubang hitam ini dengan menggunakan data dari Array Very Large Telescope. Selain it,u data tambahan dari observatorium Chili membantu mereka memetakan struktur Holm 15A.

{Baca juga: Penelitian Hawking soal Black Hole Tersedia Secara Online}

Black hole di Galaksi Holm 15A ini memiliki jari-jari Schwarzschild sekitar 790 AU yang telah menelan bintang-bintang terdekat dan “membuangnya” ke tepi galaksi. Diharapkan, penemuan ini dapat secara signifikan memperluas pemahaman manusia tentang skala alam semesta dan pembentukan galaksi.

Sebelumnya untuk pertama kalinya foto “tampang” black hole kepada publik. Foto ini merupakan prestasi yang ditorehkan oleh jaringan ilmuwan teleskop radio yang tergabung dalam Event Horizon Telescope.

{Baca juga: Ilmuwan Ungkap Foto ‘Black Hole’ untuk Pertama Kalinya}

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Kamis (11/04/2019), para astronom mampu menangkap gambar nyata dari black hole serta bayangan yang menyertainya. Kolaborasi banyak ilmuwan yang dibiayai oleh Amerika Serikat dan National Science Foundation ini cukup penting, karena menjelaskan ‘sosok’ black hole yang sebenarnya.

Lubang hitam adalah material padat dan memiliki daya gravitasi yang kuat. Lubang hitam tersebut memiliki titik yang bernama “Event Horizon” yang mampu menghisap semua benda sehingga sulit untuk mengambil gambar black hole. (NM/FHP)

Sumber: Engadget

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI