telset

Dari Avengers Hingga Trump, Ini 25 Artikel Terviral Wikipedia

Telset.id, Jakarta – Menjelang pergantian tahun, Wikipedia merilis 25 artikel terpopuler di platform mereka sepanjang 2019. Hasilnya, artikel terkait Avengers Endgame paling populer di mata warganet dunia dengan 43,8 juta page view.

Dilansir Telset.id dari Gizmodo, pada Senin (30/12/2019), peneliti Wikimedia, Andrew West mengatakan bahwa tahun 2019 ada lebih dari 260 miliar orang melakukan kunjungan ke Wikipedia.

Berdasarkan kategori konten, ternyata mayoritas orang-orang ke Wikipedia untuk mencari informasi mengenai film, acara dan video game.

“16 dari 25 artikel teratas terkait dengan orang-orang media yang dikonsumsi di bioskop dan di perangkat mereka. Setidaknya lima dari mereka secara langsung didorong oleh dominasi film-film superhero, termasuk ketiga film yang dirilis oleh Marvel pada tahun 2019,” tulis Andrew.

{Baca juga: Akhirnya, Wikipedia Menang atas Turki di Pengadilan Tinggi}

Artikel terkait Avengers Endgame menjadi artikel terpopuler Wikipedia mengalahkan konten lainnya. Nampaknya orang-orang tak bisa melupakan serial film tersebut sehingga terus mencari informasi mengenai Iron Man dkk, khususnya film terakhir Avengers tersebut.

“Mungkin dari orang-orang yang mencoba untuk melilitkan kepala mereka di sekitar alur cerita perjalanan waktu itu,” jelas Andrew.

Selain Avengers, artikel terpopuler kedua dan ketiga di Wikipedia adalah artikel mengenai “Death in 2019” dan “Ted Bundy” dengan mendapat 36,9 juta page view dan 29 juta page view.

Sedangkan artikel terpopuler keempat dan kelimat ditempati oleh artikel mengenai vokalis band Queen “Freddie Mercury” dan kasus kebocoran nuklir di Ukrania yang dikenal dengan nama “Chernobyl Disaster”.

{Baca juga: Anggap Wikipedia Tak Berguna, Putin Bikin Situs Ensiklopedia Sendiri}

Khusus untuk Ted Bundy dan Chernobyl Disaster, Andrew menganalisa bahwa artikel tersebut populer karena kisah kedua kasus tersebut ditayangkan dalam bentuk serial film oleh Netflix (Ted Bundy) dan HBO (Chernobyl Disaster). Berikut ini daftar 25 artikel terpopuler Wikipedia:

  1. Avengers: Endgame, 43,847,319 page views.

(NM/FHP)

SourceGizmodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0